Kompas.com - 28/10/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi macaron. DOK.SHUTTERSTOCK/LARA JOYIlustrasi macaron.

KOMPAS.com - Macaron merupakan kue mungil berbentuk bulat yang identik dengan warna-warna cerah, seperti kuning, merah, pink, hijau, dan biru.

Selain itu, macaron memiliki rasa manis dari keping dan isiannya. Hal ini membuat banyak orang makin tergiur untuk menikmatinya.

Walau menyimpan cita rasa dan tampilan yang menggoda, macaron juga menyimpan sejarah panjang yang menarik untuk diketahui. Simak penjelasan seputar sejarah macaron berikut ini.

Baca juga: Resep Macaron Coklat Anti Gagal, Kue Mungil yang Manis

Sejarah macaron

Ilustrasi chocolate macaron. Dok. Pexels/Ylanite Koppens Ilustrasi chocolate macaron.

Melansir dari laman The Culture Trip, macaron memiliki sejarah panjang yang cukup menarik untuk diketahui. Konon, macaron pertama kali muncul di Eropa pada abad pertengahan.

Walau macaron sering kali disebut berasal dari Perancis tetapi Catherine de ‘Medici kemungkinan membawa macaron dari Italia ke Perancis pada tahun 1500an.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Cara Membuat Macaron agar Renyah di Luar, Lembut di Dalam

Macaron sudah banyak dibuat di biara Venesia sejak abad ke-8. Namun, Perancis menjadi kota yang terkenal menjadi tempat munculnya macaron.

Resep macaron pertama kali muncul di Perancis pada abad ke-17. Sejak saat itu, muncul beberapa versi resep macaron lainnya.

Baca juga: 5 Cara Bentuk Adonan Macaron Menjadi Keping, Mudah Diikuti Pemula

Ilustrasi macaron cokelat.DOK.SHUTTERSTOCK/ALENA_KOS Ilustrasi macaron cokelat.

Menambahkan dari laman All Recipes, macaron yang dikenal saat ini mungkin sudah dibuat sejak tahun 1890an di sebuah toko roti mewah, Paris La Maison Ladurée.

Seorang koki bernama Pierre Desfontaines memberikan olesan krim mentega dan selai kemudian menumpuknya dengan keping macaron lainnya.

Baca juga: 7 Variasi Rasa Macaron, Ada Matcha dan Bunga Mawar

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.