Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Membuat Tepung Almond Sendiri di Rumah

KOMPAS.com - Tepung almond merupakan salah satu bahan utama membuat macaron. Umumnya, bahan membuat macaron ada tepung almond, gula, dan putih telur.

Setelah putih telur dikocok sampai kaku dengan gula, tepung almond dicampurkan ke dalam kocokan telur. Ketiga bahan tersebut dicampurkan dengan bahan lainnya dan dicetak di atas loyang.

Melansir dari buku “Resep Favorit untuk Usaha: Macaron” (2013) oleh Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, tepung almond bisa digunakan karena memiliki rasa yang khas.

Selain itu, tepung almond juga menghasilkan adonan yang renyah setelah dipanggang. Tepung almond bisa membuat adonan beraroma harum.

Masih dari buku yang sama, ada cara membuat tepung almond sendiri di rumah yang bisa kamu ikuti.

Pilih kacang almond yang sudah dikupas. Menambahkan dari laman The Spurce Eats, gunakan kacang almond kupas agar hasil dari tepung yang dihaluskan berwarna terang dan bertekstur halus.

Sementara itu, kamu juga bisa menggunakan kacang almond utuh dengan kulitnya untuk membuat aneka makanan dengan warna gelap.

2. Sangrai kacang almond

Kalau kacang almond kupas sudah disiapkan, sangrai atau panggang hingga mengeluarkan aroma harum. Hal ini juga bisa membuat kacang almond kering.

3. Proses kacang almond

Kalau sudah disangrai atau dipanggang, dinginkan kacang almond di suhu ruang. Setelah dingin, haluskan kacang almond dengan food processor.

Menambahkan dari laman The Spruce Eats, kamu bisa menggunakan gilingan kopi untuk menghaluskan kacang almond.

4. Ayak kacang almond yang sudah giling

Setelah kacang almond dihaluskan, ayak hingga hasilnya benar-benar halus. Kalau masih ada sisa kacang almond, giling kembali sampai halus.

Buku “Resep Favorit untuk Usaha: Macaron” (2013) oleh Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/28/120900675/4-cara-membuat-tepung-almond-sendiri-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke