Kompas.com - 28/10/2021, 18:35 WIB
Ilustrasi biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia. SHUTTERSTOCK/ARIFIN_BPIlustrasi biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

KOMPAS.com - Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi di dunia. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki hasil kopi terbaik.

Kualitas kopi yang dihasilkan pun sangat baik bahkan mampu masuk ke penjualan di luar negeri. Iklim di Indonesia adalah salah satu faktor yang memengaruhi kualitas kopi.

Namun, terdapat hasil penelitian tentang pengaruh perubahan iklim yang bisa merugikan biji kopi.

Baca juga:

ilustrasi kopi hitam, biji kopi, dan bubuk kopi. SHUTTERSTOCK/Alex Veresovich ilustrasi kopi hitam, biji kopi, dan bubuk kopi.

Pemanasan global pengaruhi kualitas kopi

Dilansir dari Food and Wine, terdapat penelitian yang dirilis pada 2019 menunjukkan bahwa 60 persen jenis kopi yang terkenal bisa terancam punah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ternyata, ada penelitian baru yang menyatakan bahwa pemanasan global dapat memengaruhi rasa, aroma, dan kualitas kopi.

Hasilnya menunjukkan bahwa kopi di masa depan tidak hanya akan lebih sulit didapat, tetapi rasanya juga kurang enak.

Sean Cash seorang ekonom dan profesor di Tufts’ Friedman School of Nutrition Science and Policy menjelaskan bahwa faktor yang memengaruhi produksi kopi berdampak besar pada minat pembeli.

Tidak hanya minat pembeli, tetapi berdampak juga pada harga kopi, dan ujungnya pada mata pencaharian petani yang menanamnya.

"Jika kita dapat memahami ilmu dari perubahan ini, kita dapat membantu petani dan pemangku kepentingan lainnya mengelola produksi kopi dengan lebih baik dalam menghadapi tantangan ini dan masa depan," jelasnya.

Baca juga:

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.