Kompas.com - 23/10/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi onde-onde berlapis wijen sebelum digoreng. SHUTTERSTOCK/ Agung bayuIlustrasi onde-onde berlapis wijen sebelum digoreng.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Terdapat beberapa penyebab onde-onde pecah saat digoreng. Salah satunya yakni karena isiannya yang terlalu padat. 

Jika demikian onde-onde akan sulit dibentuk menjadi bulat sempurna. Tak jarang, permukaan onde-onde juga bocel akibat ketebalan adonannya tidak rata. 

Untuk mencegahnya, ikuti cara membuat onde-onde agar bulat sempurna dan tidak pecah berikut.

Baca juga:

1. Timbang adonan

Penting untuk menyamakan ukuran adonan onde-onde agar setelah digoreng hasilnya sama besar. Begitu pula dengan isiannya. 

"Tentunya biar sama, kita samain ukurannya, enggak besar kecil," ujar Diding Supriatna, Asisten Chef Dim Sum dari Gran Melia Jakarta kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi adonan, isian, dan wijen untuk pembuatan onde-onde. SHUTTERSTOCK/ Rosdaniar Ilustrasi adonan, isian, dan wijen untuk pembuatan onde-onde.

Cara menyamakan ukuran tersebut bisa dengan menimbangnya. Misalnya 40 gram untuk seluruh adonan kulit dan 20 gram untuk adonan isi. 

"Kita sediakan timbangan. Umpamaya di setiap onde-onde itu kita pakai 40 gram, kita samain 40 gram. Kemudian isinya kita timbangan samain berapa, umpamanya 20 gram atau 25 gram," tambahnya. 

Baca juga:

2. Pipihkan adonan kulit dengan rata

Menurut Diding, sisi kulit onde-onde harus benar-benar rata-rata supaya tidak bocel dan pecah saat digoreng. Meski sepele, hal ini dapat mengurangi tampilan onde-ondenya. 

"Onde-onde bikin boncel-boncel itu karena kulitnya tidak sama. Kadang tipis tebal,"

Untuk meratakan adonan kulit, bisa memakai botol dengan permukaan yang sama.

Ilustrasi membalur onde-onde dengan biji wijen. SHUTTERSTOCK/ Ika Rahma H Ilustrasi membalur onde-onde dengan biji wijen.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.