Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Olah Kacang Hijau untuk Isi Onde-onde, Tambah Tepung Custard

Kompas.com - 23/10/2021, 12:12 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Onde-onde dapat diisi dengan berbagai macam isian. Salah satu isian yang paling sering digunakan yaitu kacang hijau. 

Cara mengolah kacang hijau untuk isi onde-onde gampang-gampang susah. Sebab, jenis kacang ini biasanya keras dan harus dimasak lama. 

Diding Supriatna, Asisten Chef Dim Sum dari hotel Gran Melia Jakarta membagikan cara memasak kacang hijau untuk isi onde-onde. Berikut uraian penjelasannya. 

Baca juga:

1. Rendam dulu 

Ilustrasi kandungan dalam kacang hijaufreepik.com/wirestock Ilustrasi kandungan dalam kacang hijau

Sebelum diolah, kacang hijau sebaiknya direndam terlebih dulu agar tidak keras. Proses perendaman dapat dilakukan sekitar satu sampai dua jam. 

"Boleh direndam dulu, sekitar dua jam atau tiga jam dirandam tidak apa-apa. Baru dikukus," ujar Diding kepada Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: 4 Cara Goreng Onde-onde agar Tidak Meletus dan Bantat

2. Kukus sampai empuk

Kacang hijau untuk isian onde-onde dapat dimasak dengan cara dikukus. Proses ini bisa membuat teksturnya menjadi empuk dan tidak keras. 

Kemudian, haluskan kacang hijau menggunakan blender agar tidak bergerindil.

"Umpamanya kita mau bikin kacang hijau, biasanya kacang hijau dikukus sampai dia lembek. Setelah itu kita bisa blender supaya kalau di pasar kan utuh-utuh ya, jadi berasa gerindil teksturnya," jelas Diding.

Baca juga:

3. Tambahkan tepung custard

Guna menambah cita rasanya, kacang hijau dapat diberi gula dan susu. Tak hanya itu, Diding juga menyarankan untuk menambah tepung custard agar aroma kacang hijau lebih wangi.

Sementara, untuk mengentalkan kacang hijau bisa memakai tepung maizena. 

"Kemudian kita campur gula, terus ada tepung custard, terus ada susu. Nah kemudian dikentalkan dengan, boleh pakai maizena," terang Diding. 

Ilustrasi adonan, isian, dan wijen untuk pembuatan onde-onde. SHUTTERSTOCK/ Rosdaniar Ilustrasi adonan, isian, dan wijen untuk pembuatan onde-onde.

Menurut Diding penambahan kedua tepung tersebut sangatlah krusial. Sebab, dapat memengaruhi rasa dan kepulenan kacang hijaunya. Oleh karenanya, kamu tak boleh melewatkannya.

"Iya harus pakai keduanya. Dia kalau custard untuk aroma wanginya, maizena untuk kekentalannya," ujarnya. 

Baca juga:

Varian isi onde-onde sebetulnya bermacam-macam, tidak hanya kacang hijau. Beberapa resep onde-onde kekinian bisa berisi pandan, durian, kacang merah, ataupun lotus. 

"Kalau adonan itu, bisa kita isi pandan. Sekarang ada isi durian, kacang merah, ada lotus. Kalau orang zaman dulu sukanya ya biji teratai," papar Diding. 

Tak jarang ada pula yang membuat onde-onde dengan isian cokelat maupun keju. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com