Kompas.com - 29/09/2021, 20:03 WIB
Ilustrasi coffee shop minimalis PEXELS/ Igor StarkovIlustrasi coffee shop minimalis

KOMPAS.com - Adanya pandemi membuat sebagian besar usaha mengalami penurunan penjualan mulai dari pariwisata, perhotelan, hingga pusat perbelanjaan.

Namun, ternyata terdapat sejumlah coffee shop yang penjualannya mengalami peningkatan didukung dengan perubahan strategi.

Founder of Gerilya Coffee & Roastery Gemawan Wahyadhiatmika mengungkapkan bahwa perubahan strategi penjualan menggunakan platform online membawa peningkatan penjualan yang signifikan.

“Kalo dari segi spesifik penjualan kita secara sells itu naik lebih kurang 150 hingga 200 persen. The best mungkin di 180 persen,” kata Gemawan dalam salah satu webinar Food & Hotel Indonesia VirtualHub 2021, Jumat (24/9/21).

Baca juga:

Gerilya Coffee & Roastery melihat bahwa konsumen ingin hal yang gampang diakses, sehingga tren penjualan secara online mampu memberi peningkatan penjualan.

Selain itu, Gerilya Coffee & Roastery juga menambah produk yang dijual secara online seperti cup dan alat seduh, karena terjadi peningkatan terhadap pola home brewing di masyarakat.

Peningkatan penjualan kopi secara online dan take away berdasarkan data Speciality Coffee Association (SCA) mencapai 109 persen di seluruh dunia.

Baca juga: Efek Pandemi buat Coffee Shop di Indonesia, Pelanggan Pilih Beli Kopi Online

Ilustrasi es latte. UNSPLASH/NATHAN DUMLAO Ilustrasi es latte.

Penjualan online dan inovasi produk

Hal yang sama tentang peningkatan penjualan kopi juga diungkapkan oleh Coffee Cart Strategy Kedai Kopi Guyon Ego Prayogo.

Inovasi yang dibuat melalui penambahan produk baru membawa dampak pada penjualan di Kedai Kopi Guyon.

“Respon mereka bagus banget sih. Sampai saat ini untuk respon oke banget,” ujar Ego.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.