Kompas.com - 09/05/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGESIlustrasi ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran di Indonesia.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Lebaran tinggal menghitung hari lagi. Sebagai umat muslim di Indonesia mulai sibuk menyiapkan beragam masakan untuk Lebaran.

Menu yang disajikan ketika Lebaran cukup beragam, tidak hanya opor ayam. Bahkan beberapa daerah pun memiliki menu khas sendiri. 

Baca juga: 16 Resep Kue Kering Lebaran, dari yang Jadul hingga Kekinian

Jika belum ada ide menu Lebaran, berikut Kompas.com kumpulkan 15 resep masakan Lebaran yang bisa kamu buat. Cocok dinikmati bersama ketupat ataupun nasi hangat. 

1. Opor ayam 

Ilustrasi opor ayam yang biasa disajikan dengan ketupat saat Lebaran. SHUTTERSTOCK/AMALLIA EKA Ilustrasi opor ayam yang biasa disajikan dengan ketupat saat Lebaran.

Salah satu menu wajib yang tak boleh terlewat saat Lebaran ialah opor ayam. Kamu dapat membuat opor ayam putih ataupun opor ayam kuah kuning. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Resep Opor Ayam Bumbu Putih buat Sajian Spesial Lebaran

Opor ayam cocok disantap dengan ketupat ataupun nasi. Untuk menambah cita rasanya, hidangkan opor ayam bersama aneka lengkap, seperti sambal goreng ataupun kering kentang.

2. Gulai 

Bagi pecinta pedas, bisa membuat gulai untuk sajian Lebaran. Ada banyak protein yang bisa dimasak dengan bumbu gulai, seperti ikan, ayam, daging kambing, maupun telur. 

Bahkan sayuran seperti sawi dan jengkol pun bisa dimasak dengan bumbu gulai.

Untuk itu, pilihlah jenis protein dan sayuran yang disukai seluruh anggota keluarga agar semua bisa menikmatinya. 

Baca juga: Resep Gulai Ayam Jamur, Gulai Ayam dengan Jamur Pelawan

3. Rendang 

Ilustasi rendang. Dok. Shutterstock/Yunan Yusmanto Ilustasi rendang.

Meski bukan menu wajib, tetapi rendang hampir selalu ada di meja makan saat Lebaran. Rendang tak melulu harus menggunakan daging sapi. 

Kamu pun dapat membuat rendang ayam atau rendang telur untuk sajian Lebaran. Rendang cocok disajikan sebagai lauk pendamping ketupat. 

Namun baiknya, sajikan dengan hidangan berkuah seperti opor supaya lebih lebih nikmat.

Baca juga: Resep Rendang Sapi Khas Minang, Hidangan Istimewa Idul Adha

4. Dendeng Batokok

Selain rendang, dendeng batotok pun cocok disajikan saat Lebaran. Cara membuat dendeng batotok cukup mudah. Bumbu-bumbunya pun hampir selalu ada di dapur keluarga. 

Namun, supaya dapat disebut sebagai dendeng batokok, irisan daging harus ditokok atau dipipihkan dahulu.

Setelah pipih, daging akan digoreng lalu dimasak dengan sambal merah yang ditumbuk kasar.

Baca juga: Resep Dendeng Batokok, Masakan Minang Favorit Selain Rendang

5. Semur 

Jika suka hidangan bercita rasa manis, silakan buat aneka menu semur. Baik semur ayam, semur daging, maupun semur telur. 

Resep semur sebetulnya cukup bumbu. Namun bumbu yang digunakan agak banyak. Untuk mempersingkat waktu memasak, coba gunakan stok bumbu dasar putih sisa Ramadhan. 

Kemudian, tambahkan dengan gula merah, kecap manis, serta aneka rempah seperti jahe dan pala. Selanjutnya, masak sampai air susut agar lebih gurih dan sedap. 

Baca juga: Resep Masakan Lebaran yang Mudah, Coba Bikin Semur Ayam Kentang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X