Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 20:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian dari kamu mungkin tidak asing mendengar seputar tepung garut. Terutama, buat kamu yang sering membuat kue kering renyah.

Tepung garut biasanya digunakan sebagai bahan membuat kue semprit. Selain itu, tepung garut juga bisa digunakan untuk membuat bubur karena bisa mengentalkan masakan.

Mengetahui lebih jauh tentang fungsi tepung garut dalam masakan yang dilansir dari BBC Good Food dan The Spruce Eats, berikut ini.

Baca juga: 3 Fungsi Tepung Tapioka pada Kue dan Masakan, Bukan Cuma Pengental

1. Bahan pengental masakan

Tepung garut memiliki fungsi mirip dengan tepung maizena yaitu mengentalkan masakan.

Kamu bisa menambahkan tepung garut untuk mengentalkan saus atau sup. Caranya, kamu harus melarutkan tepung garut ke dalam air terlebih dahulu.

Setelah itu, tuang larutan tepung garut ke dalam saus yang sudah dipanaskan.

Perbandingan untuk melarutkan tepung ke dalam air adalah dua banding satu. Larutan tepung garut yang dimasukkan ke dalam masakan bisa membuatnya menjadi kental tanpa menggumpal.

Baca juga: Cara Gunakan Tepung Maizena sebagai Pengental Masakan

2. Membuat jelly menjadi mengilap

Selain bisa mengentalkan masakan, tepung garut juga bisa ditambahkan ke dalam bubuk jelly, agar-agar, atau puding tanpa susu.

Hal itu karena tepung garut berfungsi untuk menciptakan hasil akhir yang mengilap. Kalau kamu ingin membuat jelly dengan potongan buah, pastikan untuk melarutkan tepung garut dengan air atau cairan lainnya.

Tambahkan ke dalam bubuk jelly sebelum menambahkan potongan buah agar hasilnya lebih mengilap maksimal.

Selain membuat jelly menjadi mengilap, larutan tepung garut yang dicampurkan ke dalamnya juga bisa membuat hasil jelly terlihat lebih bening.

Baca juga: Apa itu Gelatin? Kolagen Hewan untuk Pengental Dessert

3. Membuat renyah gorengan

Tepung garut juga bisa ditambahkan ke dalam tepung lapisan kentang goreng. Tepung garut bisa membuat kentang goreng menjadi renyah tahan lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com