Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fungsi Tepung Tapioka pada Kue dan Masakan, Bukan Cuma Pengental

Kompas.com - 21/04/2021, 08:21 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tepung tapioka atau disebut juga tepung kanji sering muncul pada sejumlah resep kue. Tepung yang terbuat dari pati singkong ini biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada beberapa menu masakan.

Meski menjadi tambahan, peran tapioka sangat penting bagi banyak hidangan. Pada kue khas Indonesia, tepung ini berfungsi untuk menambah tekstur kenyal.

Selengkapnya, ketahui 3 fungsi dari tepung tapioka pada kue dan masakan lainnya.

Baca juga: Bedanya Tepung Sagu dan Tepung Tapioka, Kenali Sebelum Bikin Kue

1. Sebagai penambah tekstur kenyal

Ilustrasi bola tapioka untuk bubble tea. SHUTTERSTOCK/ELENA VESELOVA Ilustrasi bola tapioka untuk bubble tea.

Menurut Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan, fungsi utama tepung tapioka adalah sebagai penambah kekenyalan pada kue.

“Pengental sekaligus pengenyal gitu sih, seperti yang digunakan untuk kue lapis,” kata Arief  ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Dilansir dari Thespruceeats, tepung tapioka banyak digunakan untuk membuat puding tapioka, boba, dan permen serta makanan penutup lainnya.

Sama seperti kue lapis, peranan tapioka pada puding adalah menambah tekstur kenyal dan bobot saat dimasak serta dikonsumsi.

Baca juga: Tips Bikin Cimol Kenyal Pakai Tepung Tapioka, Kenali Fungsi Tapioka

2. Sebagai pengental masakan berkuah

Masih dengan sumber yang sama, penggunaan tapioka pada sup, saus, atau masakan berkuah lainnya berfungsi sebagai pengental.

Kekentalan yang dihasilkan oleh tapioka lebih besar dari tepung lainnya. Selain itu, umumnya tepung tapioka juga lebih murah daripada tepung dan bahan pengental lain.

Baca juga: Apa Fungsi Tepung Maizena pada Nastar dan Kue Kering Lain?

3. Sebagai pengikat dan penstabil adonan makanan

Ilustrasi nugget ayam pakai roti tawar yang praktis. Dok. Unsplash/Léo Roza Ilustrasi nugget ayam pakai roti tawar yang praktis.

Tepung tapioka berfungsi sebagai pengikat dan penstabil bahan untuk produk daging giling, di antaranya burger dan nugget ayam.

Tapioka dapat menyimpan kelembaban dalam gel untuk mencegah masakan menjadi basah selama proses pemanggangan dan penyimpanan.

Tepung tapioka merupakan produk kering dan dapat disimpan dalam waktu lama asalkan tetap tertutup rapat untuk mencegah paparan panas, kelembaban, dan serangga.

Jadi, jangan menyimpan tapioka jenis apa pun di lemari es atau freezer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com