Kompas.com - 30/04/2021, 21:03 WIB
Siapa sangka susu kental manis bisa menjadi bahan tambahan untuk menghasilkan biji ketapang yang manis dan lezat. DOK. SHUTTERSTOCKSiapa sangka susu kental manis bisa menjadi bahan tambahan untuk menghasilkan biji ketapang yang manis dan lezat.

KOMPAS.com - Ada camilan yang mudah dibuat untuk mengisi stoples kaca di rumahmu, yaitu biji ketapang keju.

Cara membuat biji ketapang cukup mudah, hanya perlu mencampurkan semua bahan, mengaduk adonan sampai kalis, kemudian goreng dengan minyak panas.

Resep biji ketapang yang satu ini juga tidak menggunakan kelapa parut. Namun, hasilnya tetap gurih dan renyah tahan lama.

Ikuti resep biji ketapang keju dari buku “Kue Kering Hari Raya: 65 Resep Kukis Istimewa” (2019) oleh Veronica Dhani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga: Resep Biji Ketapang, Camilan Goreng yang Tahan Lama

Resep biji ketapang keju

Bahan:

  • 130 gram tepung protein rendah
  • 100 gram tepung maizena
  • 1 sdt baking powder double acting
  • 50 gram gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 60 gram keju cheddar, parut
  • 60 ml santan kental instan
  • 1 butir telur
  • 3 sdm susu bubuk
  • 1 sdm air kapur sirih

Baca juga: Resep Telur Gabus Keju, Camilan Renyah Tahan Lama untuk Lebaran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara membuat biji ketapang keju

1. Siapkan wadah bersih. Campurkan telur, gula, santan, garam, dan air kapur sirih. Aduk dengan balloon whisk sampai gula larut.

2. Tuang tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan baking powder secara perlahan-lahan. Aduk sampai rata, masukkan keju cheddar. Aduk sampai kalis elastis.

3. Siapkan minyak banyak yang panas. Ambil sedikit adonan bulat memanjang sebesar jari. Potong dan masukkan ke dalam minyak panas.

4. Goreng sampai berwarna kekuningan.

5. Angkat dan tiriskan. Tunggu hingga dingin. Simpan dalam stoples camilan.

Buku “Kue Kering Hari Raya: 65 Resep Kukis Istimewa” (2019) oleh Veronica Dhani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.