Kompas.com - 17/04/2021, 11:07 WIB
Ilustrasi tepung beras ketan, biasa dipakai untuk bikin jajanan pasar. SHUTTERSTOCK/XPHOTOGRAPHYIlustrasi tepung beras ketan, biasa dipakai untuk bikin jajanan pasar.

KOMPAS.com - Tepung ketan biasanya digunakan sebagai bahan membuat jajanan pasar, seperti klepon.

Dilansir dari MasterClass, tepung ketan terbuat dari biji beras ketan yang dikeringkan. Tepung ketan biasanya digunakan sebagai bahan membuat makanan khas Asia.

Tepung ketan memiliki banyak fungsi terutama jenis tepung ketan putih yang banyak diolah menjadi bahan membuat jajanan pasar.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut penjelasan singkatnya.

Baca juga: Apa Itu Tepung Beras? Bahan Andalan Kue Tradisional Indonesia

Dapat diolah tanpa campuran bahan lain

ilustrasi tepungshutterstock ilustrasi tepung

Dikutip dari artikel Kompas.com yang tayang pada Selasa (30/06/2020), Chef Siti Kanari selaku Senior Pastry & Bakery Cook Hotel Santika Bandung menjelaskan seputar tepung ketan.

Baca juga: Bedanya Tepung Beras dengan Tepung Ketan, Buat Kamu yang Mau Bikin Jajanan Pasar

Chef Siti menjelaskan bahwa tepung ketan bisa menjadi bahan yang bisa berdiri sendiri tanpa harus dicampur dengan bahan lainnya.

Hal itu yang membuat tepung ketan dinilai lebih ekonomis dibandingkan tepung lainnya terutama tepung beras.

Tepung ketan yang bisa berdiri sendiri juga bisa menghasilkan banyak makanan. 

Chef Siti juga menambahkan bahwa penjual jajanan pasar kebanyakan lebih memilih membuat jajanan berbahan dasar tepung ketan karena dirasa lebih hemat.

Baca juga: Apa Itu Tepung Semolina? Biasa Digunakan untuk Membuat Pasta

Memberikan tekstur kenyal pada jajanan pasar

Ilustrasi klepon, kue tradisional Indonesia. Dok. Shutterstock/Odua Images Ilustrasi klepon, kue tradisional Indonesia.

Dilansir dari The Kitchn, tepung ketan memiliki kandungan pati yang jauh lebih tinggi daripada tepung dari jenis beras lainnya.

Hal itulah yang membuat tepung ketan bisa memberikan tekstur kenyal pada adonan jajanan pasar seperti klepon atau gemblong.

Bukan hanya memberikan tekstur kenyal pada jajanan pasar khas Indonesia, tepung ketan juga biasanya digunakan sebagai bahan utama membuat mochi.

Baca juga: Apa Bahan Dasar Tepung Hunkwe?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X