Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2021, 17:08 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Banyak orang sengaja menyimpan makanan di kulkas untuk dihangatkan kembali dan dimakan keesokan harinya, termasuk ayam goreng tepung renyah.

Chief Marketing Officer PT Fast Food Indonesia Hendra Yuniarto mengatakan bahwa metode seperti ini sangat bisa diaplikasikan pada ayam goreng KFC. Dengan metode ini, ayam goreng KFC akan tetap renyah saat selesai dipanaskan kembali.

Baca juga: Diskon Spesial Ramadhan dari KFC, Kolaborasi dengan Tupperware

“Kita melakukan penelitian cara aman menikmati ayam KFC ini seperti apa. Jadi beberapa tim RnD (Riset and Development) dari dunia eksplor habis-habisan cara menghangatkan ayam KFC yang benar itu seperti apa,” kata Hendra dalam acara Konferensi Pers Virtual Kolaborasi KFC Indonesia dan Tupperware Indonesia, Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, hal ini cocok dilakukan khususnya saat Ramadhan. Para orang tua di rumah bisa dengan sengaja membeli ayam goreng KFC dalam jumlah besar sekaligus agar tak repot.

Ayam tersebut kemudian bisa disimpan dalam beberapa waktu di lemari es. Kemudian, tinggal dihangatkan saat akan sahur atau berbuka puasa.

Baca juga: 3 Cara Masak Ayam Goreng agar Tidak Alot

Ayam KFC saus mentega hasil kreasi Chef Yudha BustaraDok. KFC dan Tupperware Ayam KFC saus mentega hasil kreasi Chef Yudha Bustara

Cara pertama menghangatkan ayam goreng KFC adalah dengan menggunakan oven. Hendra menjabarkan caranya berikut:

  1. Siapkan ayam goreng yang akan dihangatkan. Jika memang sempat disimpan di kulkas maka biarkan dulu di suhu ruang. Gunanya agar ayam tetap lembut dan tak kehilangan sarinya.
  2. Setelah itu, panaskan oven dengan suhu sekitar 200-250 derajat celsius.
  3. Jika sudah panas, masukkan ayam ke dalamnya dan panaskan selama 15 menit saja.
  4. Ayam goreng KFC pun siap dinikmati dalam keadaan panas untuk sahur atau berbuka.

Baca juga: Resep Ayam Goreng Tepung Saus Kopi, Olahan Ayam yang Unik

Cara kedua dengan menggunakan alat microwave. Caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan ayam goreng yang akan dihangatkan. Jika disimpan di kulkas, keluarkan dulu dan biarkan di suhu ruang hingga temperaturnya normal. Gunanya agar ayam tetap lembut nantinya.
  2. Dilansir dari Reader’s Digest, siapkan piring tahan microwave, letakkan handuk kertas yang biasa digunakan di dapur sebagai alas ayam goreng. Gunanya untuk menyerap kelembaban ayam.
  3. Masukkan ayam goreng ke dalam microwave, dan panaskan dengan suhu high temperature atau high power selama empat menit saja. Jangan terlalu lama agar ayam tak kering.
  4. Ayam pun siap disajikan selagi panas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com