Kompas.com - 17/04/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi martabak hitam manis dengan vla cokelat putih DOK. SAJIAN SEDAP/ROBERTUSIlustrasi martabak hitam manis dengan vla cokelat putih

KOMPAS.com - Ada resep martabak manis tanpa tepung yang bisa kamu buat di rumah. Tepung diganti dengan bubuk agar-agar dan jeli instan yang dibeli dengan harga murah di toko kue.

Baca juga: Resep Martabak Manis Mini Isi Kurma, Menu Takjil Kekinian

Cara membuat martabak manis tanpa tepung bisa kamu hidangkan sebagai sajian menu diet karbohidrat atau DEBM (Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan).

Robert Hendrik Liembono membagikan resep martabak manis tanpa tepung dalam buku berjudul “Snack Antilapar Ala DEBM” (2019) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep martabak manis tanpa tepung

Bahan:

  • 3 saset agar-agar plain sekitar 21 gram
  • 1 mini saset Nutrijell rasa cokelat sekitar 15 gram
  • 2 butir telur
  • 1 saset gula diet sekitar 1 gram
  • Keju parut secukupnya

Baca juga: Resep Martabak Mini Pandan, Bisa Jadi Ide Jualan

Cara membuat martabak manis tanpa tepung

1. Siapkan wadah bersih. Masukkan agar-agar plain bubuk, jeli bubuk instan rasa cokelat, telur, dan gula diet. Aduk hingga semua bahan menjadi adonan.

2. Panaskan teflon dengan api kecil, tuang satu sendok sayur adonan martabak manis tanpa tepung. Bentuk bulat datar dan balikkan adonan.

3. Jangan terlalu matan, angkat, taburi dengan keju.

4. Sajikan.

buku “Snack Antilapar Ala DEBM” (2019) karya Robert Hendrik Liembono terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X