Kompas.com - 16/04/2021, 21:11 WIB
Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas. SHUTTERSTOCK/ARIS SETYAIlustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Cara membuat kue nastar gampang-gampang susah. Terlebih jika kamu menggunakan oven tangkring atau oven kompor. 

Ketika membuat nastar menggunakan oven tangkring, adonan jadi mudah gosong dan retak. Pasalnya, panas api pada oven tangkring sulit dikontrol. 

Namun jangan khawatir, ada tips yang bisa dilakukan untuk mencegah nastar retak dan gosong. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Nastar Anti Gagal, Tidak Retak atau Bentuknya Melebar

Kepada Kompas.com (16/04/2021), Syela, pengguna oven tangkring, turut membagikan tips membuat nastar menggunakan oven tangkring.

Ia sudah menggunakan oven tangkring lebih dari 10 tahun dan kerap mempraktikkan tips ini saat membuat nastar.    

1. Campur adonan sampai rata

Adonan nastar harus dicampur sampai rata agar tidak bergerindil. Namun jangan diaduk terlalu lama supaya nastarnya lebih empuk. 

Gunakan saringan ketika menuang adonan kering, agar adonannya lebih halus dan lembut.   

Selanjutnya, campur adonan sampai rata menggunakan spatul. Kemudian, uleni menggunakan tangan sampai adonan kalis dan bisa dibentuk. 

Baca juga: Hati-hati Overmix Penyebab Kue Kering Gagal, Yuk Pelajari!

Tes kesiapan adonan dengan cara membulat-bulatkannya. Jika masih ada retakan, uleni adonan sebentar lagi. 

2. Olesi adonan nastar dengan egg wash 

Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Sebelum dipanggang, adonan nastar diolesi dengan campuran kuning telur dan pewarna makanan kuning. SHUTTERSTOCK/DIADE RIVA NUGRAHANI Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Sebelum dipanggang, adonan nastar diolesi dengan campuran kuning telur dan pewarna makanan kuning.

Selain adonan, egg wash juga memiliki peran penting dalam proses pembuatan nastar menggunakan oven kompor. Egg wash dapat membuat nastar tidak retak dan lebih cantik. 

Syela hanya menggunakan kuning telur saja untuk bahan egg wash. Ia tidak menambahkan egg wash dengan madu atau bahan lainnya. 

Menurutnya penambahan bahan lain justru dapat membuat warna nastar kurang cantik, jadi berwarna kecoklatan. 

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Oles Egg Wash ke Nastar? Bikin Nastar Anti Retak

Syela juga mengolesi nastar dengan egg wash sebanyak tiga kali, yakni sebelum nastar dipanggang, saat nastar setengah matang, dan hampir matang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X