Kompas.com - 03/02/2021, 18:16 WIB
Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas. SHUTTERSTOCK/ARIS SETYAIlustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas.

KOMPAS.com - Bikin nastar bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebenarnya bahan nastar sangat sederhana, tetapi butuk trik dan ketelitian dalam setiap langkah membuat nastar.

Sebab, cara membuat nastar berpengaruh pada hasil akhir, khususnya bentuk.

Kesalahan paling umum dalam membuat kue nastar adalah nastar retak dan bentuknya melebar.

Baca juga: Resep Nastar Lumer Bentuk Daun, Hasilnya Anti Retak

Jika bentuk nastar kurang cantik akan kurang menggugah selera, meskipun rasanya enak. Apalagi bagi kamu yang membuat nastar untuk dijual.

Sajian Sedap merangkum beberapa alasan mengapa nastar retak dan bentuknya melebar ketika dipanggang, seperti berikut:

1. Nastar sudah dioles egg wash sebelum dipanggang

Sebaiknya panggang dahulu nastar di oven sekitar tiga perempat matang, keluarkan dan olesi dengan egg wash atau bahan olesan.

Kemudian panggang lagi nastar sebentar, olesi lagi, dan panggang lagi. Proses pengolesan egg wash agar nastar benar-benar mulus butuh dua sampai tiga kali oles.

Baca juga: Resep Nastar Teflon Anti Gagal, Cukup untuk 1 Stoples

2. Adonan terlalu lembek

Apabila perbandingan tepung dan mentega tidak tepat, maka kue akan melebar ketika dioven dan menjadi pecah permukaanya.

Oleh karena itu buat perbandingan adonan basah dan kering yang tepat. Proses ini memang butuh eksperimen untuk mendapatkan resep terbaik.

3. Selai nanas terlalu lembek

Ilustrasi selai nanas yang sudah dipulung, dimasukkan ke dalam wadah. Selai nanas dipakai sebagai isian nastar. SHUTTERSTOCK/PAWONIKE_GALLERY Ilustrasi selai nanas yang sudah dipulung, dimasukkan ke dalam wadah. Selai nanas dipakai sebagai isian nastar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X