Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Dark Coklat Compound dan Couverture, dari Bahan hingga Rasa

Kompas.com - 03/02/2021, 15:34 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak jenis cokelat yang biasanya diolah menjadi camilan manis atau bahan tambahan membuat minuman. Seperti dark chocolate atau white chocolate.

Umumnya, jenis cokelat masak terbagi menjadi dua jenis yaitu cokelat compound dan couverture. Dark chocolate sendiri, juga ada yang berjenis compound dan couverture.

Lalu apa perbedaan di antara dua jenis tersebut? Simak penjelasan berikut, supaya lebih memahami perbedaan antara cokelat compound dan couverture.

Baca juga: Apa Itu Dark Chocolate? Cokelat Pahit Favorit Banyak Orang

1. Bahan membuat

Salah satu jenis cokelat terbaik untuk membuat cokelat ganache. Dok. Unsplash/Tetiana Bykovets Salah satu jenis cokelat terbaik untuk membuat cokelat ganache.

Beda cokelat compound dan couverture ada pada bahan membuatnya. Dilansir dari Kompas.com, cokelat couverture terbuat dari campuran cocoa mass dan cocoa butter.

Cocoa mass biasa disebut dengan cocoa liquor yang berbentuk pasta kental dari biji kakao. Kemudian, cocoa liquor diproses kembali menjadi dua jenis yakni cocoa butter dan cocoa powder.

Dua bahan tersebut yang menjadi pembeda antara cokelat compound dan couverture.

Cokelat couverture terbuat dari cocoa butter yang cukup banyak. Sementara cokelat compound adalah campuran cocoa powder dan lemak nabati.

Baca juga: Tips Pilih Dark Coklat, Perhatikan Bahan Membuatnya

2. Cara membuat

Beda bahan pembuatan, beda juga cara memprosesnya. Dilansir dari The Spruce Eats, cokelat couverture diolah dengan cara tempering atau dilelehkan.

Proses tempering tidak boleh sembarangan. Perlu menggunakan mesin tempering khusus untuk menjaga suhu cokelat couverture.

Sementara cokelat compound lebih mudah diolah dan sering digunakan di industri rumahan karena tidak melalui proses tempering.

Cokelat compound cukup dilelehkan dengan teknik tim tanpa perlu mesin khusus.

3. Rasa

Ilustrasi cokelat ganache dalam mangkuk. SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER Ilustrasi cokelat ganache dalam mangkuk.

Cokelat couverture terbuat dari cocoa butter yang banyak. Bahan tersebut membuat rasa dari cokelat couverture dirasa lebih enak.

Cocoa butter dalam cokelat couverture juga membuat tampilannya mengilap. Cokelat couverture biasanya dijadikan cokelat lapisan atau celup.

Sementara cokelat compound yang banyak mengandung cocoa powder dirasa tidak seenak cokelat couverture. Cokelat compound sering kali digunakan sebagai hiasan.

Baca juga: Cara Potong Cokelat Batangan dengan Cepat, Bekal Bikin Cookies Cokelat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com