Kompas.com - 03/02/2021, 13:33 WIB
Cokelat hitam lebih menyehatkan ShutterstockCokelat hitam lebih menyehatkan

KOMPAS.com - Ada banyak jenis cokelat yang biasanya digunakan dalam membuat kue atau roti. Salah satunya adalah dark chocolate.

Dark chocolate merupakan cokelat yang memiliki warna pekat dan rasa yang pahit. Terbuat dari pasta cokelat yang tinggi, cokelat jenis ini cocok sebagai penambah rasa atau warna pada adonan kue.

Ketahui cara pilih dark chocolate sebelum membeli, dilansir dari Healthline. Bekal membuat kue yang lezat.

Baca juga: Apa Itu Dark Chocolate? Cokelat Pahit Favorit Banyak Orang

1. Pilih dark chocolate organik

Kalau kamu ingin membuat brownies dengan dark chocolate sebagai salah satu bahannya. Pilih dark chocolate organik karena bebas tambahan perasa buatan.

Dark chocolate organik terbuat dari rempah, ekstrak, atau minyak untuk meningkatkan rasa. Umumnya, dark chocolate ditambahkan dengan vanilla sebagai penyedap rasa.

Dark chocolate organik juga lebih beraroma dari pada dark chocolate non organic karena menggunakan penyedap rasa buatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Pilih kandungan gula paling sedikit

Ilustrasi gula pasir menjadi bahan utama untuk mengubah warna lampu LED. Riset yang dilakukan peneliti LIPI ini dapat menjadi ide usaha rumahan lampu hias yang murah.SHUTTERSTOCK/Alexander Prokopenko Ilustrasi gula pasir menjadi bahan utama untuk mengubah warna lampu LED. Riset yang dilakukan peneliti LIPI ini dapat menjadi ide usaha rumahan lampu hias yang murah.

Pilih dark chocolate dengan kandungan gula paling sedikit. Semakin rendah persentase gula, maka semakin tinggi persentase pasta biji kakao yang digunakan dalam membuat dark chocolate.

Banyaknya kandungan pasta biji kakao dalam dark chocolate bisa memberikan banyak manfaat, salah satunya sebagai antioksidan.

Baca juga: Cara Potong Cokelat Batangan dengan Cepat, Bekal Bikin Cookies Cokelat

3. Jangan pilih yang mengandung susu

Dark chocolate yang berkualitas tinggi tidak menambahkan susu sebagai bahan membuatnya.

Halaman:
Baca tentang


Sumber Healthline
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X