Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Tepat Oles Egg Wash ke Nastar? Bikin Nastar Anti Retak

Kompas.com - 15/04/2021, 17:38 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Egg wash merupakan campuran antara kuning telur dengan bahan lainnya yang dioleskan pada bagian atas kue kering seperti nastar.

Egg wash berfungsi memberikan kilauan dan warna pada nastar agar terlihat menarik.

Biasanya egg wash akan dioleskan pada bagian atas nastar ketika baru selesai dibentuk dan belum dimasukkan ke dalam oven. Namun, cara ini bisa membuat lapisan nastar retak.

Baca juga: 8 Cara Membuat Selai Nanas yang Tidak Lembek untuk Isian Nastar

Hal tersebut diungkapkan oleh Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan. Waktu yang tepat untuk mengoleskan egg wash menurut Arief adalah saat nastar hampir matang.

“Kalau dioles dari awal hasilnya suka pecah-pecah. Tipsnya kalau mau enggak pecah-pecah, setelah dibakar dulu kurang lebih 90 persen matang. Dinginkan baru poles pakai kuning telur atau egg wash replacer,” kata Arief ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas. SHUTTERSTOCK/ARIS SETYA Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas.

Kemudian lakukan dua kali pengolesan. Setelah nastar dikeluarkan dari oven dan suhunya sudah cukup dingin, oleskan egg wash pertama. Setelah lapisan pertama cukup kering, berikan olesan egg wash kedua.

Tunggu hingga lapisan egg wash benar-benar kering, baru masukkan kembali nastar ke dalam oven. Bakar lagi selama sekitar tiga menit hanya untuk mematangkan kuning telurnya.

Baca juga: Olesan Nastar yang Bagus, Ikuti Resep Egg Wash Ini agar Nastar Kinclong

Arief biasa menggunakan campuran egg wash yang terdiri dari minyak, kuning telur, ekstrak vanili, garam, dan susu kental manis.

Ia menggunakan telur omega-3 agar warna kuning telur lebih alami dan warna nastar pun lebih cantik.

Namun jika tak ada, kamu bisa juga menambahkan sedikit pewarna kuning telur agar warnanya bisa jadi cantik keemasan.

Dengan mengoles egg wash ketika nastar hampir matang, lapisannya tidak akan retak dan berkilau cantik. Bagian atas nastar juga tidak akan lengket ketika dipegang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com