Kompas.com - 15/04/2021, 11:09 WIB
Ilustrasi kue kering yang sering hadir saat Lebaran. Dok. Shutterstock/Rido FadilahIlustrasi kue kering yang sering hadir saat Lebaran.

KOMPAS.com - Kue kering tak pernah absen dari rumah orang Indonesia saat hari raya, khususnya Lebaran. Potensi kue kering untuk dijual jelang lebaran juga tinggi. 

Bagi penjual kue kering yang mengincar target premium, bisa membuat kue kering dengan mentega karena rasa dan aromanya yang nikmat.

Bukan berarti tanpa mentega kue kering tak bisa enak, Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan memberi tips bagi pembuat kue kering untuk mengunakan butter oil substitute. 

Baca juga: Resep Sagu Keju Lumer di Mulut, Kue Kering Klasik untuk Jualan

“Sedikit tips, kalau mau pakai margarin yang murah dan wangi bisa dicampur sama BOS (butter oil substitute),” ujar Arief.

BOS adalah sejenis lemak nabati yang memiliki tekstur mirip seperti mentega.

BOS ini berfungsi untuk memberikan tekstur yang lembut pada kue kering, mirip seperti fungsi mentega.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, BOS juga bisa menambah rasa dan juga aroma yang mirip seperti mentega pada kue.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tekstur kue yang padat dari margarin tapi tetap dengan kelembutan dan aroma khas mentega dari BOS ini.

Kamu tak perlu menggunakan campuran banyak BOS.

Baca juga: Resep Nastar dari Koki Hotel, Bisa Jadi Ide Jualan Kue Kering

Perbandingan yang pas menurut Arief adalah empat banding satu (4:1) antara margarin dan BOS, atau sekitar 800 gram margarin dengan 200 gram BOS.

Ilustrasi margarinShutterstock Ilustrasi margarin

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X