Kompas.com - 14/04/2021, 20:37 WIB
Ilustrasi nanas dipotong-potong, nantinya diolah menjadi selain untuk isian nastar. Nastar adalah kue kering khas Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/CASANISAIlustrasi nanas dipotong-potong, nantinya diolah menjadi selain untuk isian nastar. Nastar adalah kue kering khas Lebaran di Indonesia.


KOMPAS.com – Membuat selai nanas untuk isian nastar mungkin terdengar sederhana. Namun ternyata butuh dibutuhkan langkah-langkah khusus untuk menghasilkan selai nanas yang sempurna.

Berikut ini beberapa tips untuk menghasilkan selai nanas yang enak dan sempurna yang cocok untuk isian nastar. Tips ini disampaikan oleh Pastry Chef Disy Ery Braswito dan Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan.

1. Pakai bonggol nanas

Bonggol nanas adalah bagian tengah dari buah nanas yang lebih keras daripada daging nanas. Biasanya jika makan nanas secara langsung, kamu akan membuang bonggolnya ini. Namun untuk membuat selai nanas sebaiknya gunakan juga bonggol nanas.

Baca juga: Resep Selai Nanas 2 Bahan, Hasilnya Jadi 2 Stoples

“Itu harus kita pakai karena kita perlu buat teksturnya tidak cair pada saat nanti mau jadi isian nastar. Kita jadi bisa bentuk seperti dodol gitu,” kata Disy ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Sedikit tips dari Disy, parut daging nanas dan bonggol nanas secara terpisah. Alasannya agar parutan daging dan bonggol bisa benar-benar halus. Sementara untuk proses pemasakan langsung satukan saja antara parutan bonggol dan daging.

“Biasanya kalau langsung diparut bareng kadang-kadang ada kasarnya itu gede-gede. Daging itu kan empuk banget, pas ketemu bonggolnya kita enggak bisa bedakan,” jelasnya.

Ilustrasi selai nanas yang sudah dipulung, siap dimasukkan pada adonan nastar. SHUTTERSTOCK/HENDRA YUWANA Ilustrasi selai nanas yang sudah dipulung, siap dimasukkan pada adonan nastar.

2. Pakai rempah aromatik

Disy juga menambahkan rempah aromatik berupa cengkeh ke dalam campuran selainya. Gunanya agar selai tambah wangi. Cukup gunakan sekitar dua atau tiga buah cengkeh saja, tak perlu terlalu banyak.

“Misalnya nanasnya 250 gram ya, kasih gulanya itu 150 gram, terus cengkehnya tiga biji aja,” tutur Disy.

Sementara Arief biasa menggunakan cengkeh, batang kayu manis, dan juga daun pandan.

Baca juga: 5 Cara Pilih Nanas Matang Tidak Hanya dari Warnanya, Bekal Bikin Selai

3. Pakai garam

Jangan lupa gunakan garam agar rasa gurih muncul dan rasa selai semakin seimbang. Jika tidak menggunakan garam, bisa jadi rasa nastar jadi terlalu manis.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X