Kompas.com - 06/03/2021, 13:08 WIB
Ilustrasi tepung hunkwe atau hunkue disebut juga tepung kacang hijau. Dok. Shutterstock/KatrinshineIlustrasi tepung hunkwe atau hunkue disebut juga tepung kacang hijau.

KOMPAS.com - Tepung hunkue atau hunkwe sering ada dalam resep pembuatan jajanan tradisional khas Indonesia seperti cendol atau cente manis. 

Apa itu sebenarnya tepung hunkwe? Terbuat dari apa tepung hunkwe tersebut?

"Tepung hunkwe adalah tepung yang berasal dari sari ati kacang hijau, tekstur sedikit lebih kasar dari tepung terigu biasanya," jelas Executive Sous Chef Fathul Abrar Hotel Santika Bandung, saat dikutip dari berita Kompas.com yang tayang Sabtu, (1/5/2020). 

Baca juga: Apa itu Corn Silk Tea? Teh Herbal yang Terbuat dari Rambut Jagung

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tepung hunkue berarti tepung kacang hijau atau panganan yang dibuat dari tepung kacang hijau.

Bahasa Inggris dari tepung hunkwe adalah mung bean flour. Chef Abrar menjelaskan tepung jenis ini banyak ditemukan di kawasan Asia Timur dan Selatan.

Karakteristik dari makanan yang dibuat dari tepung hunkwe adalah teksturnya yang kenyal empuk, punya aroma khas kacang hijau yang lembut, licin, dan transparan.

Ilustrasi soun goreng ala restoran. SHUTTERSTOCK/NAUFALHANIF Ilustrasi soun goreng ala restoran.

Makanan yang memiliki ciri ini adalah sohun, yang terbuat dari gabungan tepung hunkwe, umbi, dan sagu.

Baca juga: Apa Itu Shirataki? Makanan Sehat yang Populer buat Diet

Dikutip dari Healthline, kacang hijau bahan dasar tepung hunkwe punya banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga suhu tubuh agar tidak panas dan menjaga kesehatan pencernaan. 

Selain itu kacang hijau juga bermanfaat meningkatkan penurunan berat badan, menurunkan kolesterol jahat, tekanan darah, dan kadar gula darah.

Baca juga: Apa Itu Cia Po? Herbal China untuk Masak Sup Pulihkan Kesehatan



Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X