Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2021, 13:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Tepung hunkue atau hunkwe sering ada dalam resep pembuatan jajanan tradisional khas Indonesia seperti cendol atau cente manis. 

Apa itu sebenarnya tepung hunkwe? Terbuat dari apa tepung hunkwe tersebut?

"Tepung hunkwe adalah tepung yang berasal dari sari ati kacang hijau, tekstur sedikit lebih kasar dari tepung terigu biasanya," jelas Executive Sous Chef Fathul Abrar Hotel Santika Bandung, saat dikutip dari berita Kompas.com yang tayang Sabtu, (1/5/2020). 

Baca juga: Apa itu Corn Silk Tea? Teh Herbal yang Terbuat dari Rambut Jagung

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tepung hunkue berarti tepung kacang hijau atau panganan yang dibuat dari tepung kacang hijau.

Bahasa Inggris dari tepung hunkwe adalah mung bean flour. Chef Abrar menjelaskan tepung jenis ini banyak ditemukan di kawasan Asia Timur dan Selatan.

Karakteristik dari makanan yang dibuat dari tepung hunkwe adalah teksturnya yang kenyal empuk, punya aroma khas kacang hijau yang lembut, licin, dan transparan.

Ilustrasi soun goreng ala restoran. SHUTTERSTOCK/NAUFALHANIF Ilustrasi soun goreng ala restoran.

Makanan yang memiliki ciri ini adalah sohun, yang terbuat dari gabungan tepung hunkwe, umbi, dan sagu.

Baca juga: Apa Itu Shirataki? Makanan Sehat yang Populer buat Diet

Dikutip dari Healthline, kacang hijau bahan dasar tepung hunkwe punya banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga suhu tubuh agar tidak panas dan menjaga kesehatan pencernaan. 

Selain itu kacang hijau juga bermanfaat meningkatkan penurunan berat badan, menurunkan kolesterol jahat, tekanan darah, dan kadar gula darah.

Baca juga: Apa Itu Cia Po? Herbal China untuk Masak Sup Pulihkan Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com