Kompas.com - 21/01/2021, 09:32 WIB

KOMPAS.com - Cokelat ganache biasanya digunakan sebagai penghias roti atau isian kue kering. Bentuk dan tekstur cokelat ganache biasanya mengilap dan lembut.

Proses membuat cokelat ganache tidaklah sulit, terlebih bahan yang dibutuhkan hanya dua. Namun, kamu perlu memperhatikan takaran bahan agar tidak berujung gagal.

Baca juga: Museum Cokelat Terbesar di Dunia Telah Buka, Ada Air Mancur Cokelat

Apa itu cokelat ganache?

Dilansir dari The Spruce Eats, ganache merupakan proses mencampurkan cokelat yang sudah diiris tipis dengan krim yang sudah direbus sebelumnya.

Cokelat dan krim diaduk hingga saling menyatu. Biasanya, cokelat ganache ditambahkan dengan sedikit minyak agar mengilap dan sedap.

Cokelat ganache biasanya digunakan untuk isian kue kering atau bahan membuat truffle. Tergantung pada tekstur cokelat ganache yang kamu buat.

Porsi krim yang lebih banyak daripada cokelat akan menghasilkan tekstur ganache yang lebih lembut dan cair. Cocok digunakan sebagai isian kue.

Sementara porsi cokelat yang lebih banyak daripada krim akan menghasilkan tektur ganache lebih kental dan menggumpal. Cocok digunakan untuk membuat truffle yang sederhana.

Baca juga: Cara Membuat Cokelat Ganache agar Tidak Gagal Seperti Punya Adit MasterChef Indonesia

Jenis cokelat untuk membuat cokelat ganache

Salah satu jenis cokelat terbaik untuk membuat cokelat ganache. Dok. Unsplash/Tetiana Bykovets Salah satu jenis cokelat terbaik untuk membuat cokelat ganache.

Dilansir dari BBC Good Food, jenis cokelat terbaik yang bisa digunakan sebagai campuran krim saat membuat ganache adalah cokelat hitam, cokelat susu, dan cokelat putih.

Cokelat hitam yang terbuat dari kakao akan menghasilkan tekstur cokelat ganache yang lebih padat dan aromanya kuat.

Baca juga: Resep Donat Kukus Meses Cokelat, Jajan Praktis buat Jualan

Sementara cokelat susu dan cokelat putih akan memberikan hasil cokelat ganache yang lebih manis, lembut, dan mengilap.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.