Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Coklat Ganache? Coklat untuk Hiasan dan Isian Dessert

KOMPAS.com - Cokelat ganache biasanya digunakan sebagai penghias roti atau isian kue kering. Bentuk dan tekstur cokelat ganache biasanya mengilap dan lembut.

Proses membuat cokelat ganache tidaklah sulit, terlebih bahan yang dibutuhkan hanya dua. Namun, kamu perlu memperhatikan takaran bahan agar tidak berujung gagal.

Apa itu cokelat ganache?

Dilansir dari The Spruce Eats, ganache merupakan proses mencampurkan cokelat yang sudah diiris tipis dengan krim yang sudah direbus sebelumnya.

Cokelat dan krim diaduk hingga saling menyatu. Biasanya, cokelat ganache ditambahkan dengan sedikit minyak agar mengilap dan sedap.

Cokelat ganache biasanya digunakan untuk isian kue kering atau bahan membuat truffle. Tergantung pada tekstur cokelat ganache yang kamu buat.

Porsi krim yang lebih banyak daripada cokelat akan menghasilkan tekstur ganache yang lebih lembut dan cair. Cocok digunakan sebagai isian kue.

Sementara porsi cokelat yang lebih banyak daripada krim akan menghasilkan tektur ganache lebih kental dan menggumpal. Cocok digunakan untuk membuat truffle yang sederhana.

Dilansir dari BBC Good Food, jenis cokelat terbaik yang bisa digunakan sebagai campuran krim saat membuat ganache adalah cokelat hitam, cokelat susu, dan cokelat putih.

Cokelat hitam yang terbuat dari kakao akan menghasilkan tekstur cokelat ganache yang lebih padat dan aromanya kuat.

Sementara cokelat susu dan cokelat putih akan memberikan hasil cokelat ganache yang lebih manis, lembut, dan mengilap.

https://www.kompas.com/food/read/2021/01/21/093200575/apa-itu-coklat-ganache-coklat-untuk-hiasan-dan-isian-dessert

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke