8 Jajanan di Puncak Jawa Barat, Ada Mochi dan Jagung Bakar

Kompas.com - 26/11/2020, 19:25 WIB
ilustrasi gemblong jajanan tradisional di daerah puncak PIXABAY/SURYOSUHONOilustrasi gemblong jajanan tradisional di daerah puncak

KOMPAS.com - Puncak, Jawa Barat, dikenal dengan udaranya yang dingin, warung makannya yang lekat dengan anak muda, dan pemandangannya yang hijau. Kamu bisa nongkrong sambil melihat pemandangan.

Saat datang ke warung makan, tidak hanya mi instan yang bisa kamu pesan. Ada alternatif camilan atau sekadar jajanan yang bisa kamu santap.

Berikut delapan jajanan di Puncak yang wajib kamu coba:

Baca juga: 7 Tempat Kuliner di Puncak Bogor, Ada Sate Maranggi dan Mi Golek

1. Mochi

Biasa dijadikan oleh-oleh, mochi dari puncak ini dikemas dalam box rotan yang ditumpuk menjadi lima susun. Satu susun mochi berkisar Rp 20.000, kamu harus bisa menawar saat jajan di sini.

Mochi yang kenyal, bisa kamu pilih dengan isi kacang hijau, atau tanpa isi. Bentuknya yang kecil-kecil, membuat nyaman saat memakannya.

Baca juga: Resep Ice Cream Mochi, Camilan Manis dan Segar

2. Gemblong

Masih dengan jajanan manis, ada kue gemblong yang bisa kamu coba. Biasanya penjual gemblong membawanya dengan menggendong atau dijinjing dalam rantang berwarna biru.

Gemblong terbuat dari ketan, kelapa muda dan dibalur dengan gula aren, berbentuk bulat.. Cocok untuk kamu pecinta manis.

3. Poffertjes

Ilustrasi poffertjes. Dok. Shutterstock/Irene van der Meijs Ilustrasi poffertjes.

Jajanan manis lainnya ada poffertjes. Meskipun berasal dari Belanda, kamu dengan mudah menemukannya di warung makan di Puncak.

Biasanya, selain mi instan, warung-warung makan di Puncak juga menawarkan poffertjes.

Terbuat dari tepung terigu, poffertjes dimasak dalam cetakan bulat-bulat.

Setelah matang, poffertjes dioleskan mentega, lalu ditaburi gula harus berwarna putih. Rasanya manis dan gurih karena adanya mentega.

Baca juga: Resep Poffertjes, Pancake Bola ala Belanda

4. Roti bakar

Kamu juga bisa memesan roti bakar dengan beragam isi; coklat keju, keju susu, coklat, selai stroberi, dan masih banyak lagi. Cocok dipadukan dengan segelas susu hangat atau kopi.

Meskipun kamu bisa buat sendiri di rumah, tetapi menyantap roti bakar dengan segala pemandangan dan udaranya yang sejuk, tidak akan senikmat di Puncak.

5. Pisang bakar

Selain roti bakar, ada juga pisang bakar. Pisang yang manis, diberi toping keju dan juga coklat membuat pisang bakar banyak dijadikan camilan saat ke Puncak.

Pisang bakar juga salah satu camilan yang bisa kamu jadikan camilan bersama, berbagi dengan teman atau keluarga.

6. Jagung bakar

Beralih ke camilan asin. Tidak afdol rasanya jika ke puncak tanpa makan jagung bakar.

Perpaduan dari manisnya jagung, ditambah dengan asinnya mentega yang dibalurkan, membuat jagung bakar banyak digemari pengunjung yang datang ke puncak.

Jagung bakar juga mudah kamu dapatkan di sekitaran warung makan. Jagung biasanya ditusuk dengan batang kayu, agar mudah kamu santap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X