Bisnis Susu Pasteurisasi Rasa Kekinian, Bantu Peternak Sapi yang Terdampak Pandemi

Kompas.com - 19/10/2020, 12:07 WIB
Dua varian Selaksa Susu, pasteurisasi original dan talas SYIFA NURI KHAIRUNNISADua varian Selaksa Susu, pasteurisasi original dan talas


KOMPAS.com – Susu pasteurisasi kini tak hanya bisa kamu nikmati dengan rasa original saja. Semakin banyak varian rasa susu pasteurisasi yang bisa kamu coba.

Salah satu pilihan untuk menikmati susu pasteurisasi dengan aneka rasa kekinian adalah Selaksa Susu.

Jaka Indra (23) adalah sosok di balik Selaksa Susu. Lewat akun Instagram @selaksasusu, ia menawarkan aneka varian kekinian susu pasteurisasi.

Sebelumnya, susu pasteurisasi adalah susu yang dipanaskan dengan metode khusus dengan suhu 72-75 derajat celsius selama 15 detik.

Proses pemanasannya tidak menggunakan suhu setinggi yang digunakan pada susu UHT.

Selaksa Susu dimulai Jaka sejak Senin (9/11/2020). Salah satu alasan ia memulai usaha ini, karena melihat kondisi tetangganya yang berprofesi sebagai peternak.

Baca juga: Kisah Pekerja yang Banting Setir Usaha Kuliner Saat Pandemi, Ada yang Buat Bantu Tetangga

Mereka mengalami krisis penjualan susu karena adanya pandemi Covid-19. Para peternak mampu memproduksi susu, tetapi tidak mampu untuk menjual ke masyarakat.

Produk susu kekinian rasa talas dari Selaksa SusuDok. Instagram @selaksasusu Produk susu kekinian rasa talas dari Selaksa Susu

“Perlu dilakukan nilai tambah peternak dengan cara membuat produk olahan susu yang baru, unik, kekinian, dan bisa diterima oleh masyarakat,” papar Jaka pada Kompas.com, Rabu (14/9/2020).

Sistem bisnis

Selaksa Susu menawarkan produknya lewat platform online. Jaka menawarkan aneka susu pasteurisasi dengan varian rasa kekinian seperti Chocolate Hazelnut, Chocolate Swiss (Dark Chocolate), Taro, Thai Tea, Matcha Latte, sampai Kopi Susu Gula Aren.

Harganya bervariasi, mulai dari Rp 13.000 untuk varian original pasteurisasi ukuran 250 ml sampai dengan Rp 39.000 untuk varian aneka rasa ukuran 1 liter.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X