5 Fakta Makanan Jepang, Masuk Daftar UNESCO dan Kunci Kelezatan

Kompas.com - 18/10/2020, 21:03 WIB
Satu set sushi di atas meja kayu di restoran Jepang, irisan salmon segar untuk menu sushi. Pesta teman atau keluarga makan sushi menggunakan batang bambu Komsan Loonprom/Shutterstock.comSatu set sushi di atas meja kayu di restoran Jepang, irisan salmon segar untuk menu sushi. Pesta teman atau keluarga makan sushi menggunakan batang bambu

KOMPAS.com - Orang Indonesia akrab dengan makanan khas Jepang. Selain dijual di restoran, makanan jepang kini dengan mudah ditemui di pedagang kaki lima. 

Uuniknya, ada beberapa fakta menarik akan makanan jepang yang jarang diketahui orang di luar Jepang. 

Baca juga: Kenapa Orang Jepang Suka Sarapan Telur Mentah? Ketahui 4 Fakta Ini...

Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima fakta tetang makanan Jepang yang jarang diketahui masyarakat Indonesia:

1. Makanan tradisional Jepang masuk daftar warisan tak benda UNESCO

Dikutip dari situs Healthyfoodtribe, washoku atau makanan tradisional Jepang masuk ke daftar warisan tak benda United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Washoku resmi masuk ke daftar UNESCO sejak 4 Desember 2013. Washoku sendiri bukanlah nama suatu hidangan tertentu, melainkan sebuah istilah.

Menurut situs Japan Times, wasoku terdiri dari dua suku kata, yakni ‘wa’ yang berarti Jepang, dan ‘shoku’ yang berarti makanan. Washoku merupakan istilah untuk semua makanan tradisional Jepang.

2. Sushi roll kurang digemari di Jepang

Dynamite roll, tuna roll, rainbow roll, nama-nama ini seringkali terlihat di menu restoran sushi di Indonesia.

Baca juga: Pendapatan Berkurang, Restoran Sushi di Jepang Utus Kurir Binaragawan

Walaupun cukup banyak beredar, ternyata sushi roll lebih tenar di Amerika Serikat.

“Kami orang Jepang lebih suka sushi jenis nigiri. Sushi roll tetap digemari, tapi kalah tenar dengan nigiri,” ujar Ikeda orang Jepang sekaligus operasional manager Ootoya, sebuah restoran Jepang di Jakarta, kepada Kompas.com, Rabu (6/11/2019).

Ia juga menambahkan bahwa beberapa resep sushi roll yang terkenal tidak berasal dari Jepang, melainkan Amerika Serikat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X