Apa Benar Cloud Bread Lebih Sehat dari Roti Biasa?

Kompas.com - 06/08/2020, 19:35 WIB
Ilustrasi cloud bread Shutterstock/SewCreamIlustrasi cloud bread


KOMPAS.com – Cloud bread akhir-akhir ini cukup populer di media sosial. Salah satunya variasi cloud bread yang populer di aplikasi TikTok, hanya menggunakan tiga bahan untuk pembuatannya.

Namun apa sebenarnya cloud bread? Makanan ini diklaim bisa jadi alternatif konsumsi roti khususnya bagi para pelaku diet yang menerapkan diet rendah karbohidrat.

Dilansir dari Epicurious, cloud bread mengandung sekitar setengah kandungan kalori yang biasa terdapat pada sepotong roti.

Tak itu saja, berdasarkan resep yang digunakan, cloud bread juga mengandung sedikit karbohidrat atau bahkan tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Cloud bread juga bebas gluten.

Baca juga: Apa Itu Cloud Bread yang Viral di TikTok? Roti Awan buat Menu Diet

Maka dari itu roti ini bisa dikonsumsi oleh orang-orang yang melakukan diet seperti diet Paleo, diet bebas gluten, diet keto, atau bahkan diet Atkins.

Ilustrasi cream of tartarShutterstock Ilustrasi cream of tartar

Walaupun cloud bread sekilas punya kandungan protein yang sangat tinggi—cloud bread dibuat hanya dari bahan yang mengandung protein, sebenarnya cloud bread mengandung jumlah protein yang sama dengan roti biasa.

Perbedaan di antara keduanya hanya tidak adanya kandungan karbohidrat pada cloud bread.

Manfaat kandungan cloud bread untuk kesehatan

Dilansir dari Health, Cynthia Sass, MPH, RD yang adalah editor kontributor nutrisi untuk situs Health mengatakan bahwa mengonsumsi cloud bread sesekali tak akan masalah.

Hal yang jadi masalah adalah ketika kamu mengonsumsinya benar-benar sebagai pengganti roti biasa demi tujuan membersihkan pola makanmu atau menurunkan berat badan.

“Hanya karena resepnya bebas dari biji-bijian atau rendah karbohidrat bukan berarti itu sehat, atau porsi tidak mempengaruhi,” jelas Sass.

Baca juga: Resep Cloud Bread yang Lagi Viral di TikTok, Roti Awan 3 Bahan

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X