Klepon Ungu yang Unik, Pilihan Jajanan di Palabuhanratu Sukabumi

Kompas.com - 06/08/2020, 14:34 WIB
Klepon ungu made in Palabuhanratu. Tribun Jabar/M Rizal JalaludinKlepon ungu made in Palabuhanratu.

KOMPAS.com - Umumnya kue klepon berwarna hijau, berbentuk bulat, isi gula merah, serta ditaburi parutan kelapa di luarnya.

Di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, klepon dibuat dengan warna asli ubi.

Jadinya klepon buatan Wawan, warga Kampung Rancabungur, Kelurahan Palabuhanratu, ini berwarna ungu.

Baca juga: Resep Klepon Tradisional, Cocok untuk Dijual

Wawan mengatakan, warna tersebut merupakan warna asli dari ubi ungu. Sementara itu, bentuk dan isian tetap sama dengan klepon pada umumnya.

"Dibuatnya dari ubi, kalau ubi ungu jadi ungu, kalau ubinya putih ya jadi putih, kalau ubi kuning ya kuning, campurannya aci sama garam ditambah gula pasir, serta di dalamnya gula merah," ucap Wawan saat ditemui Tribunjabar.id di kediamannya, Kamis (23/7/2020).

Favorit pejabat

Wawan mengaku, klepon buatannya menjadi favorit para pejabat di Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi.

Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, klaim Wawan, sudah dua kali mendatangi kediamannya untuk membeli jajanan tradisional tersebut.

Pasalnya, selain klepon, Wawan juga menjajakan jajanan tradisional lainnya. Di antaranya papais, jagung rebus, gegetuk, hingga bajigur.

Baca juga: Sejarah Klepon, Kue Tradisional yang Tak Hanya Ada di Jawa

"Alhamdulilah selalu dapat orderan dari Pemda, kantor-kantor dinas, malahan Pak Wakil Bupati itu sudah dua kali datang langsung ke rumah untuk beli kue, kalau ada rapat-rapat di Pemda pasti saya selalu dapat pesanan," tuturnya.

Wawan mengaku berjualan Klepon dari tahun 1980-an. Dulu ia hanya berdagang seorang diri, menjajakan dagangannya keliling Palabuhanratu.

"Dari tahun 80-an saya dagang, ya kalau karyawan dulu sendiri, sekarang alhamdulillah ada, satu gerobak itu dalam sehari dapat Rp 1 juta, dibagi 25 persen dengan karyawan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Unik, Klepon di Palabuhanratu Sukabumi Warnanya Ungu, Jadi Favorit Para Pejabat (Taufik Ismail/Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin)


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X