Apa Itu Cloud Bread yang Viral di TikTok? Roti Awan buat Menu Diet

Kompas.com - 04/08/2020, 16:10 WIB
Ilustrasi cloud bread Shutterstock/SewCreamIlustrasi cloud bread


KOMPAS.com – Setelah Korean garlic bread, aplikasi TikTok kembali memunculkan kreasi roti viral baru yakni cloud bread.

Baca juga: Resep Cloud Bread yang Lagi Viral di TikTok, Roti Awan 3 Bahan

Sesuai namanya, cloud bread merupakan roti yang lembut, ringan, dan mengembang seperti awan. Roti ini sedang jadi tren terbaru di Indonesia, salah satunya karena cara membuatnya yang begitu sederhana dan membutuhkan sedikit bahan.

Cloud bread ternyata bukanlah hal baru di dunia kuliner, sejak lama jadi alternatif bagi para pelaku diet keto untuk dijadikan pengganti roti. Diet keto adalah salah satu jenis diet rendah karbohidrat.

Dilansir dari The Kitchn, cloud bread jadi pilihan paling mudah untuk pengganti roti. Cloud bread mudah dibuat, menggunakan sedikit bahan, dan waktu pembuatannya tak lama.

Ilustrasi cloud breadShutterstock/SewCream Ilustrasi cloud bread

Apa itu cloud bread?

Cloud bread telah ada sejak tahun 70-an. Ketika itu, cloud bread diperkenalkan lewat metode Diet Atkins.

Dilansir dari Healthline, diet Atkins adalah diet rendah karbohidrat yang dicetuskan oleh Robert Atkins. Diet ini biasanya direkomendasikan untuk orang yang ingin menurunkan beat badan.

Intinya, diet ini mengklaim kalau kamu bisa menurunkan berat badan walaupun mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan lemak sebanyak yang kamu mau. Selama kamu menghindari makanan yang tinggi karbohidrat.

Cloud bread punya tekstur ringan dan empuk, lebih mirip telur dadar yang tebal daripada sepotong roti.

Cloud bread dibuat dari telur, cream cheese, baking powder, dan aneka perasa tambahan.

Cloud bread bisa digunakan untuk aneka resep yang membutuhkan roti sebagai pengganti roti. Pasalnya, cloud bread tidak akan mengubah nutrisi yang kamu serap jika kamu sedang mengawasi asupan karbohidrat dan menghindari gluten.

Karena rasanya yang ringan, kamu juga bisa memberikan aneka tambahan rasa pada cloud bread sesuai selera. Tak itu saja, roti ini juga bisa dijadikan roti untuk sandwich.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X