Kompas.com - 06/08/2020, 12:31 WIB
Ilustrasi bawang bombay shutterstockIlustrasi bawang bombay


KOMPAS.com – Bawang bombai jadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan di banyak resep, terutama sajian gurih.

Namun aktivitas memotong bawang bombai bisa menyiksa karena mata jadi perih hingga air mata.

Baca juga: Resep Ayam Kecap Bawang Bombay, Hasilnya Enak dan Empuk

Dengan sedikit latihan dan metode memotong bawang bombai yang sederhana seperti dilansir dari The Spruce Eats berikut ini, kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah.

Menguasai teknik ini bisa menghemat banyak waktu, memasak layaknya chef, dan menghindari “tangisan” yang disebabkan dari memotong bawang bombai.

Dalam berbagai resep, kamu mungkin sering mendengar beberapa istilah berbeda untuk memotong bawang bombai. Yakni ada memotong, memotong dadu, dan merajang.

Setiap resep akan membutuhkan salah satu cara potong bombai tadi sesuai dengan sajian yang ingin kamu persiapkan. Ukuran juga bisa berbeda-beda tergantung hidangan apa yang kamu persiapkan.

Ilustrasi orang memotong bawang bombayFreepik Ilustrasi orang memotong bawang bombay

Potongan dadu

Pertama ada memotong dengan potongan lebar biasanya dengan tebal sekitar 1,5 sentimeter.

Potongan dadu, seperti namanya, berarti memotong bawang bombay menjadi bentuk kotak-kotak kecil, mirip dengan biji jagung.

Potongan dadu jadi salah satu potongan yang paling sering digunakan untuk banyak sajian, seperti topping hotdog sampai dasar saus tomat.

Baca juga: Cara Tajamkan Pisau Pakai Batu Asahan, Supaya Lancar Potong Daging

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X