Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Lolos Beasiswa KIP Kuliah dari Kemahasiswaan UM Surabaya

Kompas.com - 08/02/2023, 11:11 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa yang mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 harus melalui validasi dan verifikasi agar bisa memperoleh benefit dari program KIP Kuliah tersebut.

KIP Kuliah 2023 merupakan program dari pemerintah untuk membantu siswa berprestasi namun berasal dari kalangan keluarga kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Ada beberapa benefit yang bisa diperoleh mahasiswa penerima KIP Kuliah. Diantaranya peserta dibebaskan dari seluruh biaya kuliah mulai dari uang pendaftaran sampai lulus kuliah dan mendapatkan biaya hidup selama kuliah.

Bagian Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Khoirul Anam membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan siswa agar mendapatkan beasiswa KIP Kuliah.

Baca juga: Apakah Siswa Gap Year Bisa Daftar KIP Kuliah 2023? Cek Infonya

Tips lolos KIP Kuliah dari kemahasiswaan UM Surabaya

Berikut tips lolos beasiswa KIP Kuliah dari bagian kemahasiswaan UM Surabaya yang bisa diterapkan para siswa yang berencana mendaftar KIP Kuliah 2023:

1. Rajin mencari informasi

Siswa yang akan mendaftar KIP Kulaih 2023 wajib mencari informasi tentang kampus yang menerima beasiswa KIP kuliah sangat penting, hal ini juga perlu dilakukan dari jauh-jauh hari.

"Jangan sampai ketinggalan informasi beasiswa dari kampus tujuan. Calon mahasiswa bisa mencari tahu berbagai informasi melalui internet, alumni penerima beasiswa," terang Irul seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Rabu (8/2/2023).

Hal ini akan sangat membantu calon mahasiswa dalam mempelajari prosedur dan syarat yang diberikan.

2. Persiapkan berkas secara teliti

Irul menambahkan, setelah mencari informasi terkait syarat dan ketentuannya persiapkan berkas seperti ijazah, kepemilikan kartu KIP-K, memastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) telah terdaftar.

"Berkas lain seperti curriculum vitae, foto rumah asli dan prestasi yang pernah didapatkan saat sekolah juga perlu dipersiapkan karena memiliki nilai tambah," ungkap Irul.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah 2023 di PTN dan PTS, Cek Syaratnya

3. Mengisi biodata dengan benar

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui siswa saat mendaftar KIP Kuliah. Saat mengisi biodata harus diisi dengan benar dan apa adanya sesuai dengan kondisi yang dimiliki saat ini.

Karena di dalam pengisian biodata ini sangat erat kaitannya dengan tes wawancara setelah dinyatakan lolos dengan seleksi administrasi.

4. Mempersiapkan tes wawancara

Perlu diketahui bahwa tidak semua kampus memberlakukan tes wawancara untuk penerima beasiswa KIP Kuliah. Namun calon mahasiswa tetap perlu mempersiapkan agar bisa lancar jika menghadapi proses wawancara KIP Kuliah.

Lakukan latihan wawancara dengan teman atau saudara atau siapa saja seolah-olah sedang diwawancara oleh tim seleksi wawancara.

"Selain melatih kepercayaan diri, latihan wawancara juga akan mempermudah seseorang dalam menguasai data-data yang dimiliki," tandas Irul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com