Kompas.com - 06/12/2021, 16:41 WIB
Cessara Raam Musrianik, Wisudawan Terbaik Fakultas Vokasi UNAIR pada periode Desember 2021. Dok. Unair NewsCessara Raam Musrianik, Wisudawan Terbaik Fakultas Vokasi UNAIR pada periode Desember 2021.

KOMPAS.com - Cessara Raam Musrianik berhasil meraih predikat sebagai wisudawan terbaik Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) periode Desember 2021 dengan IPK 3,82.

Cessara bercerita, rupanya perjalanan studi D4 di Program Studi (prodi) Fisioterapi ini tak selalu menanjak dari awal. Justru, ia sering mendapatkan anggapan "miring" terkait jurusan kuliah yang ia ambil.

Lingkungannya yang kerap menyematkan stereotip negatif yang disematkan kepada jurusan Fisioterapi yang ditempuhnya. Terlebih, ia mengaku program studi yang meluluskannya saat ini bukanlah pilihan utamanya.

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

“Ngapain cewek sekolah tinggi-tinggi kalau pas lulus jadi tukang pijat?” tiru Cessara, seperti dilansir dari laman Unair News, Senin (6/12/2021).

Semakin banyak komentar negatif tentang jurusannya, rupanya membuat Cessara makin termotivasi untuk mematahkan stereotip tersebut.

Fisioterapi bukan tukang pijat

Pada tahun 2019, ia bersama kedua temannya mengikuti konferensi di Taiwan, yang akhirnya menjadi titik baliknya dalam menekuni bidang Fisioterapi.

“Peserta di sana sangat bangga dengan jurusan mereka. Mereka bangga jadi bagian dari masa depan fisioterapi, dan saya tahu saya masih tertinggal jauh,” jelasnya.

Ia berkeinginan untuk menyadarkan masyarakat kalau fisioterapi bukanlah tukang pijat, namun merupakan tenaga kesehatan profesional yang mempelajari ilmu terapan lain.

“Fisioterapi punya banyak spesialisasi, contohnya di bidang olahraga, muskuloskeletal, fisioterapi anak, jantung, dan sebagainya,” sebutnya.

Baca juga: Program Kampus Mengajar 3 Dibuka, Dapat Uang Saku hingga Bantuan UKT

Tak hanya tekun dalam berkuliah, wisudawan kelahiran 1999 ini juga diketahui menggeluti cabang olahraga Badminton. Kegemarannya tersebut rupanya mengantarkan Cessara mengharumkan nama Unair, saat meraih peringkat runner-up di LIMA Badminton: McDonald’s East Java Conference Season 6.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.