Kompas.com - 22/11/2021, 08:29 WIB
Universitas Pertahanan Dok. UnhanUniversitas Pertahanan

KOMPAS.com - Bagi kamu siswa SMA, kini ada banyak jalur untuk melanjutkan pendidikan tinggi yang menawarkan beasiswa penuh, mulai dari biaya pendidikan hingga bantuan tunjangan hidup.

Pemerintah melalui sejumlah kementerian memberikan beasiswa kuliah penuh, di antaranya melalui program beasiswa Kemendikbud Ristek, LPDP Kemenkeu, Perguruan Tinggi Kedinasan, termasuk Universitas Pertahanan RI yang dibina oleh Kementerian Pertahanan RI.

Unhan didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2011 tanggal 7 Februari 2011 tentang Universitas Pertahanan Sebagai Perguruan Tinggi Yang Diselenggarakan oleh Pemerintah.

Baca juga: 3 Beasiswa Penuh S1-S2 dari Pemerintah, Calon Mahasiswa Harus Tahu

Sebagai perguruan tinggi pemerintah, Unhan secara teknis akademik dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau sekarang Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dan secara teknis fungsional dibina oleh Kementerian Pertahanan RI (Kemhan RI).

Selama menjalani masa pendidikan, mahasiswa Unhan bebas biaya pendaftaran, biaya kuliah, biaya yang berhubungan dengan pendidikan, hingga biaya hidup seperti tempat tinggal asrama dan makan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tahun 2024, Universitas Pertahanan memiliki visi untuk menjadi universitas berstandar kelas dunia (world class defense university) dengan berbasis riset yang melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Guna menghasilkan lulusan berjatidiri kebangsaan, berkarakter bela negara, dan berdaya saing keilmuan pertahanan dan bela negara sesuai bidang.

Para lulusan dari masing-masing program studi nantinya akan bekerja secara penuh sebagai prajurit-prajurit TNI.

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

Program beasiswa Unhan Program Sarjana S1 Unhan RI biasanya dimulai pada awal Maret. Bagi siswa yang memiliki keinginan untuk masuk Unhan RI, berikut daftar jurusan kuliah serta syarat masuknya:

Fakultas dan Program Studi S1 Unhan RI

Melansir pendaftaran Unhan di tahun 2021, berikut Fakultas dan Program Studi Militer yang ditawarkan Unhan RI:

1. Fakultas Kedokteran Militer

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.