Kompas.com - 06/12/2021, 16:18 WIB
Kondisi rumah warga di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang yang terdampak awan panas guguran Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021). KOMPAS.com/ANDI HARTIKKondisi rumah warga di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang yang terdampak awan panas guguran Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021).
|

KOMPAS.com - Beberapa hari yang lalu, tepatnya Sabtu (4/12/2021) Gunung Semeru Jawa Timur mengalami erupsi. Bahkan erupsi Gunung Semeru merenggut nyawa belasan orang.

Terkait hal itu, relawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang terdiri dari UKM Mapala UMY, Mahasiswa dan Dosen yang terlibat di bawah naungan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pusat dan TIM SAR Muhammadiyah Indonesia langsung merespon dengan cepat bencana tersebut.

Menurut Al Afik, S.Kep.Ns., MSi., Tim Simulasi Bencana MDMC menyatakan bahwa sejak Minggu (5/12/2021) tim relawan UMY sudah membantu mempersiapkan logistik atas nama MDMC untuk dikirimkan ke daerah lokasi bencana.

Baca juga: Tim BKGN UMY Beri Layanan Teledentistry Gratis bagi Masyarakat

"Keterlibatan UMY dalam hal ini relawan UMY fokusnya pada mempersiapkan logistik yang akan dikirim di daerah dampak bencana dan tadi malam sudah sampai ke lokasi," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/12/2021).

"Logistik yang disiapkan berupa family kit, women kit, logistik untuk dapur umum, logistik medis," jelas Komandan ICS UMY tersebut.

Buat sekolah darurat

Dijelaskan bahwa sejak Senin siang ini UMY mengerahkan Tim Mapala UMY untuk bergabung dengan Tim SAR Muhammadiyah Indonesia untuk membantu evakuasi bencana alam Gunung Semeru.

"Siang ini sudah ada 5 mahasiswa yang akan ikut langsung evakuasi bencana Gunung Semeru yang bergabung dengan Tim SAR Muhammadiyah Indonesia," imbuhnya.

Rencananya UMY akan membuat skema relawan melalui sekolah darurat di daerah yang terdampak bencana alam.

Dikatakan, akan ada rencana untuk 10 hari ke depan akan menyiapkan relawan untuk sekolah darurat, sebagai bentuk menggantikan para guru yang terdampak di sana.

"Sehingga UMY akan bantu dari sisi pengajar-pengajarnya melalui skema KKN relawan yang nanti akan dikoordinasikan melalui Pak Faris Al-Fadhat selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UMY," jelasnya.

Baca juga: 12 Tahun Teliti Bahan Jalan, Akhirnya Dosen UMY Raih Dua Penghargaan

Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB.

Dari musibah erupsi Gunung Semeru tersebut mengakibatkan belasan orang meninggal dunia dan membuat rumah warga rusak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.