Kompas.com - 05/08/2021, 10:29 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim saat menyampaikan bantuan kuota data internet dan bantuan UKT tahun 2021. DOK. KOMPAS.com/DIAN IHSANMendikbud Ristek Nadiem Makarim saat menyampaikan bantuan kuota data internet dan bantuan UKT tahun 2021.
|

KOMPAS.com - Bagi para siswa, mahasiswa, guru, dosen tentu kabar ini sangat ditunggu-tunggu. Yakni terkait bantuan kuota Kemendikbud Ristek.

Sebab, kuota Kemendikbud Ristek terakhir disalurkan Mei 2021. Namun karena situasi pandemi Covid-19 belum usai bahkan ada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), maka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas yang rencana digelar tahun ajaran baru harus ditunda.

Untuk mendukung kelancaran sekolah daring atau kuliah daring, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali melanjutkan bantuan kuota data internet.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Tak hanya bantuan kuota 2021, Kemendikbud Ristek juga memberikan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa.

"Bantuan tersebut terdiri dari bantuan kuota data internet dan bantuan uang kuliah tunggal (UKT)," ujar Mendikbud Ristek Nadiem Makarim saat peresmian lanjutan Bantuan Kuota Data Internet dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Tahun 2021, secara daring, Rabu (4/8/2021).

Menurut Nadiem, anggaran bantuan kuota data internet pada tahun 2021 mencapai Rp 6,8 triliun yang diperuntukkan bagi 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diketahui, untuk lanjutan bantuan kuota data internet, besaran bantuan yang dialokasikan bagi peserta didik:

  • PAUD: 7 GB/ bulan
  • Pendidikan Dasar dan Menengah: 10 GB/ bulan
  • Pendidik PAUD dan pendidikan dasar dan menengah: 12 GB/ bulan
  • Mahasiswa dan dosen: 15 GB/ bulan

Penggunaan bantuan:

Keseluruhan bantuan kuota 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo

Serta yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbud Ristek
http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.