Kompas.com - 17/06/2021, 12:00 WIB
Laman pendaftaran UM PTKIN 2021 di https://um-ptkin.ac.id/. https://um-ptkin.ac.id/Laman pendaftaran UM PTKIN 2021 di https://um-ptkin.ac.id/.

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Perndidikan Islam (Ditjen Pendis Islam) mengumumkan UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), hari ini, 17 Juni 2021, pukul 13.00 WIB.

Dirjen Pendis Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan saat ini PTKIN saat ini telah dilirik dan menjadi pilihan masyarakat.

Hal ini dibuktikan dengan prosentase peserta yang melakukan daftar ulang pada Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN.

SPAN PTKIN beberapa waktu lalu yang diikuti lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren sebanyak 31.871, jumlah pendaftar yang dinyatakan lulus.

“Dengan capaian angka prosentase 75 persen pendaftar yang melakukan daftar ulang, maka saat ini PTKIN telah menjadi pilihan masyarakat,” tegas Dhani, di Ternate (15/06)

Untuk diketahui, Seleksi SPAN ini hanya diikuti siswa yang mempunyai prestasi dan telah mendapat rekomendasi dari sekolah/madrasah lulusan tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan UM-PTKIN merupakan sistem seleksi nasional calon mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Dhani mengatakan, sebanyak 100.038 calon mahasiswa telah mengikuti ujian UMPTKIN 2021. Namun, jumlah ini terbilang menurun dibanding dua tahun sebelumnya.

Baca juga: Perkuat Literasi Digital, IDN dan Kemenag Jatim Gelar Anugerah Inovasi Madrasah Digital

“Adanya pandemi covid-19 menjadi faktor menurunnya jumlah pendaftar,” jelasnya.

Dari 100.038 calon mahasiswa yang mendaftar, tercatat 46 persen pendatar berasal dari MA dan Pesantren, 42 persen dari SMA, dan 12 persen dari SMK.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X