Kompas.com - 23/04/2021, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kali ini berbeda dari biasanya.

Kali ini, sasarannya diperluas. Dari sebelumnya hanya memiliki tiga program, saat ini bertambah menjadi sembilan.

Hal ini, dijelaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Ia menjelaskan perubahan pada LPDP dilakukan karena adanya Merdeka Belajar.

Nantinya, beasiswa LPDP tidak hanya bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke pascasarjana, tapi juga untuk jenjang Strata 1 atau hingga non gelar.

Program tersebut, disebutnya untuk mencapai tujuan utama transformasi pendidikan menuju Profil Pelajar Pancasila.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa Penuh Kuliah Bisnis Perbankan untuk Lulusan SMA-SMK

“Kami memperluas inklusivitas beasiswa LPDP. Tidak hanya untuk S2 dan S3, tapi juga Sarjana dan nongelar," kata Nadiem dalam peluncuran kebijakan Merdeka Belajar episode 10 dengan tema Perluasan Program Beasiswa LPDP secara virtual, Kamis, (22/4/2021).

Nadiem ingin, lewat program terbaru ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mengarahkan penerima LPDP lebih menyebar ke banyak daerah.

Ia juga mengatakan faktor terpenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan tak lepas dari peran guru. Untuk itu, pihaknya men-support langkah guru dalam mencari ilmu.

“Nantinya, LPDP juga harus fokus pada pendidikan si pendidik untuk meningkatkan level kompetensi, wawasan mereka kebhinekaan global mereka, sehingga Profil Pelajar Pancasila bisa mendarah daging,” ujarnya.

Baca juga: Syarat Daftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Lebih rinci, LPDP sendiri awalnya hanya ada tiga program. Pertama, afirmasi untuk yang berkebutuhan khusus. Kedua, prasejahtera di daerah 3T dan tertarget untuk beberapa sektor, seperti dokter spesialis, TNI, Polri, dan PNS. Ketiga beasiswa umum untuk yang ingin melanjutkan S2, S3, terutama di luar negeri.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.