Kompas.com - 22/04/2021, 19:47 WIB
Telkom University Dok. Tel-UTelkom University
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) baru saja merilis universitas terbaik dunia berdasarkan pemeringkatan Impact Rankings 2021.

THE Impact Rangkings memberikan peringkat kepada perguruan tinggi berdasarkan pencapaian dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca juga: 18 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rangking 2021

THE merupakan satu-satunya lembaga pemeringkatan yang mengukur kontribusi universitas di dunia berdasarkan 17 SDGs yang ditentukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Melansir laman Times Higher Education, Kamis (22/4/2021) memberitahukan banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan versi THE Impact Rankings 2021.

Hasil dari pemeringkatan THE Impact Rankings 2021, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Hasanuddin (Unhas) meraih peringkat nomor satu dan dua sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Sedangkan tingkat dunia, ITS dan Unhas berada di posisi 64 dan 79.

Baca juga: 3 Universitas Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics, Ada Binus

Sementara peringkat nomor satu dan dua di dunia, diraih oleh University of Manchester dan University of Sydney.

4 Universitas Swasta Terbaik

Sebanyak 1.115 universitas yang masuk dalam pemeringkatan THE Impact Rangkings 2021. Jumlah itu datang dari 94 negara.

Setidaknya ada empat aspek yang dinilai THE Impact Rangkings, yakni Research (penelitian), Teaching (pengajaran), Stewardship (pengelolaan), dan Outreach (pengabdian).

Dari hasil penilaian di Indonesia, ada 18 perguruan tinggi terbaik Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan, empat diantaranya datang dari universitas swasta.

Baca juga: UGM Tembus 50 Besar Dunia untuk 7 SDGs Versi THE Impact Ranking 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X