Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Jakarta Bandung Tembus 300 Kpj, Bekasi Tegalluar Tak Sampai 45 Menit

Kompas.com - 17/06/2023, 09:45 WIB
Alinda Hardiantoro,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) melesat dengan kecepatan 300 kilometer per jam (kpj) pada uji coba Jumat (16/6/2023).

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, pengujian dengan menambah laju kecepatan kereta cepat Jakarta Bandung itu berjalan sangat lancar kendati diterjang hujan.

"Pada pengetesan hari ini, Kereta Inspeksi KCJB mampu menembus kecepatan hingga 300 kpj dengan sangat stabil," ujar Emir, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (17/6/2023) pagi.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Kereta Cepat Jakarta Bandung: Perkiraan Harga Tiket, Stasiun hingga Waktu Tempuhnya

Pengujian dilakukan menggunakan CIT atau Kereta Inspeksi dan diikuti oleh Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo beserta jajaran terkait lainnya.

Emir mengatakan, keberhasilan pengujian mencapai 300 kpj dengan aman dan lancar ini merupakan suatu progres yang baik dalam tahapan persiapan pengoperasian KCJB.

Tidak dipungkiri, capaian tersebut disebabkan oleh adanya penyempurnaan prasarana seperti jalur, kelistrikan, persinyalan, peningkatan faktor keselamatan, serta monitoring, dan evaluasi yang dilakukan secara rutin.

Baca juga: Apa yang Akan Terjadi jika Indonesia Gagal Bayar Utang Proyek Kereta Cepat?


Jarak tempuh kereta cepat

Dengan kecepatan 300 kpj, Emir mengatakan bahwa durasi perjalanan Kereta Cepat Jakarta Bandung dari Stasiun Bekasi menuju ke Stasiun Tegalluar, Jawa Barat hanya 35 menit.

"Kemarin pengecekan dari Bekasi sampai Tegalluar sekitar 35 menit," kata dia.

Uji coba dilakukan dari Stasiun Bekasi karena Stasiun Halim tengah ada pekerjaan.

Sebelumnya, pengujian kereta cepat Jakarta Bandung dilakukan dengan kecepatan 180 kpj, kemudian naik menjadi 220 kpj, dan terbaru melaju dengan kecepatan 300 kpj.

Baca juga: Melaju 180 Km Per Jam, Berapa Waktu Tempuh Kereta Cepat Jakarta Bandung?

Kecepatan masih terus ditingkatkan

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).Dok. PT KCIC Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

KCIC mengaku masih akan menambah laju kecepatan kereta cepat secara bertahap hingga mencapai puncaknya selama periode uji coba.

"Pengujian akan terus dilakukan dengan penuh kehati-hatian di mana secara bertahap laju KCJB akan ditingkatkan untuk mencapai puncak kecepatan operasionalnya di 350 kpj hingga puncak kecepatan teknisnya di 385 kpj," ungkap Emir.

Sebagai persiapan, pihaknya terus melakukan penyempurnaan prasarana dan pengujian secara terus menerus.

Kereta cepat Jakarta Bandung nantinya akan dilengkapi dengan standar keselamatan yang tinggi untuk memberikan rasa aman kepada seluruh penumpangnya.

"KCIC bersama Kementerian Perhubungan juga terus mempersiapkan sertifikasi sebagai tanda KCJB dioperasikan dengan aman dan sesuai regulasi yang ditetapkan. Dalam hal pengamanan, KCIC juga telah bekerjasama dengan TNI Polri untuk menjaga berbagai titik-titik yang rawan gangguan," terang Emir.

Baca juga: 5 Fakta Seputar Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Selain dari sisi operasional, KCIC juga terus melakukan persiapan di bidang sumber daya manusia (SDM).

Rekrutmen dan pelatihan pegawai secara paralel terus dilakukan di berbagai daerah untuk mendapatkan SDM terbaik di dalam negeri.

"KCIC bersama seluruh stakeholder terus fokus untuk melakukan pengujian dalam rangka menghadirkan kereta api cepat pertama di Asia Tenggara yang aman dan nyaman," tandas Emir.

Baca juga: Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cuma 46 Menit, Berapa Kecepatannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com