Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Usus yang Sehat Bisa Memengaruhi Kesehatan Kulit?

Kompas.com - 31/10/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kulit yang sehat tentunya jadi idaman semua orang. Untuk mendapatkannya, orang bahkan rela melakukan berbagai cara mulai dari memakai perawatan kulit atau pergi ke salon kecantikan.

Namun mendapatkan kulit yang sehat tidak hanya dari perawatan luar saja melainkan bisa juga dilakukan dengan merawat dari dalam yaitu melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Baca juga: 7 Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Bersih

"Tubuh yang ternutrisi adalah dasar dari kulit yang sehat," papar Robyn Johnson, MS, RDN, LD, ahli gizi fungsional diet yang berbasis di Georgetown, Texas.

Kesehatan usus

Kendati demikian makanan bernutrisi belum cukup untuk menjadi dasar kulit yang sehat. Kenapa bisa begitu?

Mengutip Very Well Health, Jumat (27/10/2023) meski penelitian masih terus berkembang, beberapa ahli mendukung ada hubungan antara kesehatan usus dengan kesehatan kulit.

Salah satu ahli yang melakukan studi kasus adalah Johnson sendiri.

Dalam kasusnya, ia menggunakan intervensi pola makan dan gaya hidup untuk menangani psoriasis, penyakit kulit autoimun yang menyebabkan bercak dan iritasi pada kulit.

Ia menjelaskan bahwa seseorang terkadang mencoba diet eliminasi ekstrim untuk mengatasinya, namun jenis diet ini tidak selalu efektif mengatasi akar permasalah penyakit kulit itu.

"Kesalahpahaman yang ada adalah bahwa makanan menjadi penyebab utama penyakit kulit, namun ada perbedaan antara penyebab utama dan pemicunya," ungkap Johnson.

Makanan mungkin menjadi pemicu jika lingkungan usus dan sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan dan menciptakan respon kekebalan.

Jadi alih-alih menyalahkan makanan, solusi yang lebih adalah mengatasi lingkungan tempat makanan masuk, yaitu usus.

Baca juga: Bakteri dalam Usus Bisa Melindungi dari Penyakit Jantung

Hanya saja, selama ini studi tentang hubungan antara kesehatan usus dan kesehatan kulit memang masih terbatas.

Namun studi yang dipublikasikan pada tahun 2015 menemukan orang dengan psoriasis kulit memiliki mikrobiota usus yang berubah.

Ini menyebabkan banyak ahli nutrisi dan kulit merekomendasikan pola makan yang mendukung beragam mikrobioma usus sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Peran probiotik

Untuk mendukung kesehatan kulit, beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengkonsumsi probiotik dapat membantu kesehatan kulit, contohnya saja memperbaiki gejala psoriasis atau eksim.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com