Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Kirim Misi Pertama ke Asteroid Kaya Logam, Seperti Apa?

Kompas.com - 10/10/2023, 19:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan mengirimkan misinya ke asteroid Psyche.

Misi NASA ke asteroid Psyche dilakukan untuk mengulik asal-usul batu luar angkasa raksasa. Namun, itu bukan sembarang asteroid. Benda luar angkasa itu diketahui merupakan asteroid kaya logam.

Jadi seperti apa misi pertama NASA menuju asteroid tersebut?

Misi NASA di asteroid Psyche

Wahana luar angkasa NASA rencananya akan mencapai asteroid Psyche pada Juli 2029 dan akan memulai misi di bulan berikutnya.

Baca juga: NASA Akan Selidiki Kubah Gruithuisen di Bulan Lewat Misi Artemis

 

Misi utama NASA di asteroid Psyche akan berlangsung selama dua tahun, di mana wahana akan mengambil gambar, memetakan permukaan, dan mengungkap kandungan kimia dari asteroid.

Namun tidak hanya itu saja, wahana antarika NASA juga mendapatkan misi sampingan. Di dalam wahana luar angkasa ini terdapat demonstrasi teknologi Komunikasi Optik Luar Angkasa NASA.

Sistem ini bertujuan untuk menguji penggunaan laser untuk mengirimkan komunikasi dengan bandwidth tinggi di luar orbit Bulan. Ini bisa berarti lebih banyak data yang dikirim kembali ke Bumi melalui misi luar angkasa.

Sistem ini akan diuji dalam dua tahun pertama perjalanan, tetapi tidak akan digunakan dalam misi utama.

Pada minggu ini, NASA akan meluncurkan wahana luar angkasa yang juga diberi nama Psyche. Wahana ini akan melakukan perjalanan sejauh 3,5 miliar Km untuk mengunjungi asteroid kaya logam ini, dilansir dari IFL Science, Selasa (10/10/2023).

Baca juga: NASA Bersiap Mencari Kehidupan di Luar Tata Surya, Bagaimana Caranya?

Misi Psyche NASA menuju asteroid ini akan diluncurkan dari Kennedy Space Center dengan roket SpaceX Falcon Heavy pada 12 Oktober 2023 pada pukul 10.16 EDT.

Wahana luar angkasa seukuran mobil kecil itu dilengkapi dengan berbagai instrumen untuk memahami sepenuhnya komposisi asteroid dan asal usulnya.

Selain itu, dalam misi NASA menuju asteroid Psyche, wahana antariksa akan melakukan perjalanan lambat melintasi bagian dalam Tata Surya, termasuk melewati Planet Mars pada Mei 2026 untuk mendapatkan bantuan gravitasi.

Penjelajahan di dekat Planet Merah itu akan memberikan dorongan untuk membawa wahana antariksa Psyche NASA melakukan perjalanan jauh ke tepi lain Sabuk Asteroid Utama, tempat asteroid itu berada.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com