Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Catat Gempa Terbesar di Planet Mars, Seperti Apa?

Kompas.com - 12/05/2022, 12:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa ternyata tidak hanya terjadi di Bumi saja, tetapi juga dialami planet Mars. Robot penjelajah InSight milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), bahkan mendeteksi gempa terbesar di Mars baru-baru ini.

Berdasarkan catatan InSight, fenomena gempa di Mars itu berkekuatan setara 5 Magnitudo. Kekuatan ini, kata NASA, mengalahkan rekor gempa sebelumnya yang berkekuatan 4,2 Magnitudo pada 25 Agustus 2021.

Gempa terbaru pada 4 Mei 2022 terjadi tepat 1.222 hari pendarat InSight melakukan misi eksplorasi di Planet Merah. Sejak mendarat di Mars pada November 2018 lalu, InSight mencatat lebih dari 1.300 gempa yang telah dideteksi di Mars.

InSight menggunakan seismometernya untuk menangkap gelombang seismik yang melewati planet ini.

Dilansir dari Science Alert, Rabu (11/5/2022) gempa berkekuatan 5 Magnitudo di Mars termasuk sebagai gempa sedang jika dibandingkan dengan gempa di Bumi. Kekuatan gempa ini juga umumnya hanya menyebabkan kerusakan kecil.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Penyebab Planet Mars Bergemuruh dan Alami Gempa Misterius

Namun, gempa terbesar di Planet Mars yang dideteksi para ilmuwan, dari data yang direkam robot InSight, dapat menunjukkan lokasi asalnya dan membantu mereka mendapatkan informasi mengenai interior atau bagian dalam planet.

"Sejak kami memasang seismometer pada Desember 2018, kami telah menunggu (gempa) yang besar (di Mars)," jelas ahli geofisika planet dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) di California yang juga pemimpin misi InSight, Bruce Banerdt.

Sejauh ini, para ilmuwan masih belum mengetahui apa yang menyebabkan munculnya marsquake atau gempa di Mars. Sehingga, fenomena tersebut menjadi perhatian besar bagi mereka.

Dengan mempelajari gelombang seismik yang terjadi Mars, ilmuwan berharap dapat mempelajari lebih lanjut mengenai kerak, mantel, dan inti planet.

Data tersebut bisa digunakan untuk memberikan informasi terkait bagaimana Mars, maupun planet serupa termasuk Bumi terbentuk pertama kali.

NASA mengatakan, karena gempa di Mars biasanya tidak sekuat gempa bumi, sehingga menyebabkannya sulit untuk dideteksi.

Baca juga: Wahana InSight NASA Deteksi Gempa Mars Terkuat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com