Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] 11 Gejala Heat Stroke | BAB Berwarna Hitam | Inseminasi Buatan di Drakor Woori The Virgin

Kompas.com - 12/05/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Cuaca panas akhir-akhir melanda Indonesia. Salah satu dampaknya dapat memicu heat stroke atau serangan panas, yang menjadi berita populer Sains sepanjang Rabu (11/5/2022).

Heat stroke atau serangan panas adalah suatu bentuk hipertermia atau penyakit yang berhubungan dengan panas.

Heat stroke ditandai dengan peningkatan suhu tubuh yang tidak normal serta gejala fisik yang menyertainya termasuk perubahan fungsi sistem saraf.

Informasi populer Sains lainnya yakni tentang BAB berwarna hitam. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan BAB berwarna hitam, mulai dari konsumsi makanan atau obat tertentu hingga kondisi medis.

The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK) mengatakan bahwa pendarahan di saluran pencernaan juga dapat menyebabkan tinja berwarna hitam dan lembek.

Drama Korea Woori the Virgin tengah menjadi perbincangan publik. Sebab, drama yang dibintangi Im Soo Hyang dan Sung Hoon ini mengangkat isu inseminasi buatan, yakni kehamilan tanpa seks.

Lebaran telah usai, namun tak sedikit orang yang masih merasa liburan belum cukup.

Artikel waspadai post-holiday blues setelah libur Lebaran usai menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Rabu kemarin.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (11/5/2022) hingga Kamis (12/5/2022).

11 Gejala heat stroke atau serangan panas

Heat stroke ditandai dengan peningkatan suhu tubuh yang tidak normal serta gejala fisik yang menyertainya termasuk perubahan fungsi sistem saraf.

Tidak seperti kelelahan akibat panas, bentuk hipertermia lain yang tidak terlalu parah, heat stroke adalah keadaan darurat medis yang seringkali berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Dilansir dari Medicine Net, tubuh secara normal menghasilkan panas sebagai hasil metabolisme dan biasanya mampu menghilangkan panas dengan radiasi panas melalui kulit atau dengan penguapan keringat.

Namun, dalam panas yang ekstrem, kelembapan tinggi, atau aktivitas fisik yang berat di bawah matahari, tubuh mungkin tidak dapat menghilangkan panas secara memadai dan suhu tubuh naik hingga 41,1 C atau lebih tinggi.

Adapun 11 gejala serangan panas atau heat stroke, antara lain.

  1. Sakit kepala berdenyut
  2. Pusing
  3. Kurang berkeringat meskipun panas
  4. Kulit merah, panas, dan kering
  5. Kelemahan atau kram otot
  6. Mual dan muntah
  7. Detak jantung yang cepat
  8. Napas cepat dan dangkal
  9. Perubahan perilaku seperti kebingungan, disorientasi, atau terhuyung-huyung
  10. Kejang
  11. Pingsan

Risiko untuk mengalami komplikasi serius, termasuk kematian, dapat meningkat jika pengobatan dari serangan panas atau heat stroke ini semakin lama tertunda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com