Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Ini, Penjelajah Perseverance NASA Genap Setahun Berada di Mars

Kompas.com - 20/02/2022, 19:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Space,PHYSORG

KOMPAS.com - Februari tahun ini, tepatnya Jumat (18/2/2022), penjelajah Perseverance milik Badan Antariksa Luar Angkasa Amerika Serika NASA resmi setahun berada di planet Mars.

Selama setahun terakhir berbagai misi sudah berhasil dicapai oleh penjelajah terberat yang pernah mendarat di Mars ini.

Melansir Phys, beberapa di antaranya adalah mengumpulkan sampel inti batuan pertama dari planet Mars, berfungsi sebagai stasiun pangkalan helikopter pertama di Mars, serta menguji MOXIE yang merupakan prototipe generator oksigen di pertama di Planet Merah.

Perseverance baru-baru ini juga memecahkan rekor menempuh jarak terjauh dalam satu hari, yakni hampir 320 meter pada hari Mars ke-351 misi tersebut.

Baca juga: NASA Konfirmasi, Batuan Mars Berhasil Dikumpulkan Wahana Perseverance

Kini di tahun keduanya berada di Mars, Perseverance tengah menyelesaikan misinya mencari tanda-tanda kehidupan di Kawah Jazero, sebuah lokasi yang berisi danau miliaran tahun yang lalu dan batuan tertua yang dapat dipelajari oleh ilmuwan.

"Untuk misi tahun kedua, kami sangat bersemangat bila Perseverance dapat mencapai Jazero. Begitu berada di sana, kita dapat melihat dasar danau purba untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba," kata Briony Horgan, anggota tim sains Perseverance dan juga profesor ilmu planet di Purdue University, seperti dikutip dari Space, Minggu (20/2/2022).

Ia pun menyebut berencana untuk menghabiskan sepanjang tahun dengan menjelajahi endapan danau purba dan sungai kuno yang berada di Kawah Jazero.

Dalam beberapa minggu mendatang, Perseverance akan mulai mengumpulkan lagi sampel dari jenis batuan Chal, satu set batuan puing-puing gelap yang terlihat di sebagian besar dasar kawah.

Dan jika sampel batuan tersebut bisa dikembalikan ke Bumi, ilmuwan berpikir mereka dapat memberikan rentang usia formasi Jezero dan danau itu.

Memiliki sampel batuan dari Planet Merah juga akan membantu ilmuwan menemukan lebih banyak lagi potongan teka-teki yang merupakan sejarah geologi Mars.

Baca juga: Foto Mars Diambil Robot Perseverance NASA, Begini Wajah Planet Merah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com