Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Akan Uji Coba Roket Raksasa SLS Juni Mendatang

Kompas.com - 31/05/2022, 20:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- NASA mengumumkan akan melakukan uji coba latihan peluncuran penuh megaroket atau roket raksasa Space Launch System (SLS) pada bulan Juni mendatang.

Dilansir dari Gizmodo, Jumat (27/5/2022), latihan pada bulan Juni mendatang merupakan latihan peluncuran penuh perdana Sistem Peluncuran Luar Angkasa NASA.

Tim darat NASA mengatakan, sebelumnya mereka telah menyelesaikan sejumlah masalah teknis pada sesi gladi resik basah di bulan April lalu.

Pada sesi latihan peluncuran berikutnya, tim akan mengisi megaroket atau roket raksasa itu dengan propelan super-dingin dan berlatih hitungan mundur

Setelah mengalami tiga kali gagal melakukan gladi resik, megaroket atau roket raksasa SLS itu diangkut kembali ke Vehicle Assembly Building di Kennedy Space Center, Florida, pada 26 April 2022 untuk diperbaiki.

Berbagai masalah teknis ditemukan menjadi penyebab kegagalan-kegagalan latihan peluncuran megarocket NASA tersebut, yang membuat tim tidak bisa mengisi penuh propelan kriogenik atau bahan pendorong pada roket raksasa itu.

Baca juga: NASA Umumkan Siap Uji Coba Roket SLS Pekan Ini dalam Misi Artemis Menuju Bulan

Kegagalan dalam gladi resik peluncuran roket raksasa SLS NASA ini di antaranya yakni katup helium tahap atas yang rusak, kebocoran hidrogen pada tali pusat layanan ekor, dan pengiriman gas nitrogen yang tidak memadai.

Namun, dalam informasi terbaru yang disampaikan dalam konferensi persnya, Manajer operasi kendaraan senior di NASA, Cliff Lanhman mengatakan, berbagai permasalahan teknis yang menyebabkan kegagalan itu sudah diatasi.

Tim telah mengganti katup helium yang rusak, mendesain ulang sepatu bot pusat, dan penambahan detektor kebocoran.

Selain itu, tim juga telah menguji sistem nitrogen gas yang ditingkatkan.

Waktu latihan peluncuran roket raksasa SLS NASA

Usai perbaikan dan ditingkatkan menjadi lebih efektif untuk beberapa permasalahan yang ada dalam megarocket atau roket raksasa SLS NASA itu, Cliff Lanhman mengatakan, panggilan ke stasiun untuk peluncuran akan terjadi pada pukul 18.00 ET (waktu timur/eastern time), 5 Juni 2022.

Baca juga: Boeing Selesaikan Inti Roket SLS untuk Pesawat Antariksa NASA

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com