Mengapa Pria Lebih Rentan Mengalami Kebotakan Dibanding Wanita?

Kompas.com - 25/09/2023, 16:36 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.comKebotakan adalah masalah umum yang dapat memengaruhi siapa saja. Namun, seringkali kita melihat pria yang mengalami kebotakan lebih sering daripada wanita.

The American Hair Loss Association menemukan Alopecia androgenetika atau MPB adalah penyebab utama kerontokan rambut pada pria, mencapai lebih dari 95 persen.

Baca juga: Kebotakan: Kenali Penyebab, Cara Mengatasi, dan Mencegahnya

Pada usia 35 tahun, sekitar dua pertiga pria di Amerika mengalami kerontokan rambut yang signifikan, dan pada usia 50 tahun, sekitar 85 persen pria mengalami penipisan rambut yang signifikan.

Mengapa pria lebih sering mengalami kebotakan?

Genetika memiliki peran yang signifikan

Dilansir dari Science ABC, Senin (25/9/2023), pola kebotakan pada pria adalah sifat genetik. Kondisi ini bersifat poligenik, artinya dipengaruhi oleh banyak gen.

Para peneliti telah mengidentifikasi varian-gen spesifik yang terkait dengan peningkatan risiko kebotakan pada pola pria. Salah satu gen tertentu adalah gen AR, yang terletak pada kromosom X.

Gen AR merupakan singkatan dari Gen Reseptor Androgen.

Gen ini mengkodekan protein yang disebut Reseptor Androgen, protein yang memiliki peran penting dalam perkembangan organ seksual dan ciri-ciri fisik pria.

Tugas utama Reseptor Androgen adalah mendeteksi hormon testosteron dan dihidrotestosteron (DHT), keduanya sering disebut sebagai hormon pria.

Banyak organ dan sel memiliki Reseptor Androgen, dan akibatnya, mereka sensitif terhadap testosteron, termasuk folikel rambut.