Kompas.com - 20/06/2020, 20:04 WIB
dr. Jonathan Subekti, Sp.KK, B.Med.Sc
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya RS Pondok Indahdr. Jonathan Subekti, Sp.KK, B.Med.Sc Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

KOMPAS.com - Kerontokan rambut pada usia muda memang sangat meresahkan. Hal inilah yang mendorong seorang pembaca Kompas.com bernama Teodorikus Hanpalam untuk bertanya ke rubrik Halo Prof! Berikut pertanyaannya:

"Assalamualaikum. Selamat malam, Dok. Saya seorang mahasiswa, mau berkonsultasi mengenai rambut saya yang mengalami kerontokan dan mulai terjadi kebotakan pada 1-2 tahun terakhir. Selama ini menggunakan merek sampo yang sama. Padahal umur saya masih 23 tahun. Mohon solusi dan pencerahannya, Dok."

Pertanyaan ini dijawab langsung oleh dr. Jonathan Subekti, Sp.KK, B.Med.Sc, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Halo Bapak Teodorikus Hanpalam.

Baca juga: Halo Prof! Apakah GERD Bisa Ditandai dengan Sakit Kepala?

Sebanyak 85 persen pria akan mengalami kerontokan rambut dan bisa sampai kebotakan di usia 50 tahun. Namun, ada juga pria yang mengalami masalah rambut ketika umurnya menginjak 20 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebotakan pada pria dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti bertambahnya usia, genetik atau keturunan, konsumsi obat tertentu, kurang gizi, stres, proses autoimun, dan kelainan pada kulit kepala.

Apabila Bapak masih berusia muda, memiliki orang tua dengan keluhan serupa, dan tidak memiliki faktor di atas (selain faktor keturunan), kemungkinan besar Bapak mengalami salah satu tipe kebotakan yang paling sering muncul pada pria yang disebut male pattern hairloss (MPHL) atau androgenetic alopecia (AGA).

Pada kondisi ini, rambut mulai menipis pada bagian depan dan puncak kepala.

Baca juga: Halo Prof! Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan untuk Pelajar?

Saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan MPHL. Namun, terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memperlambat prosesnya, seperti:

  • Menghindari menggunakan sisir yang terlalu rapat hingga memicu kerontokan lebih banyak
  • Mencuci rambut dengan lembut dan gunakan sampo yang lembut
  • Berhenti merokok
  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Apabila ingin mendapatkan perubahan yang lebih signifikan, Bapak dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dicari penyebab utamanya sehingga dapat diberikan terapi yang tepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X