Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Halo Prof! Apa Solusi Kerontokan dan Kebotakan bagi Pria Muda?

KOMPAS.com - Kerontokan rambut pada usia muda memang sangat meresahkan. Hal inilah yang mendorong seorang pembaca Kompas.com bernama Teodorikus Hanpalam untuk bertanya ke rubrik Halo Prof! Berikut pertanyaannya:

"Assalamualaikum. Selamat malam, Dok. Saya seorang mahasiswa, mau berkonsultasi mengenai rambut saya yang mengalami kerontokan dan mulai terjadi kebotakan pada 1-2 tahun terakhir. Selama ini menggunakan merek sampo yang sama. Padahal umur saya masih 23 tahun. Mohon solusi dan pencerahannya, Dok."

Pertanyaan ini dijawab langsung oleh dr. Jonathan Subekti, Sp.KK, B.Med.Sc, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Halo Bapak Teodorikus Hanpalam.

Sebanyak 85 persen pria akan mengalami kerontokan rambut dan bisa sampai kebotakan di usia 50 tahun. Namun, ada juga pria yang mengalami masalah rambut ketika umurnya menginjak 20 tahun.

Kebotakan pada pria dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti bertambahnya usia, genetik atau keturunan, konsumsi obat tertentu, kurang gizi, stres, proses autoimun, dan kelainan pada kulit kepala.

Apabila Bapak masih berusia muda, memiliki orang tua dengan keluhan serupa, dan tidak memiliki faktor di atas (selain faktor keturunan), kemungkinan besar Bapak mengalami salah satu tipe kebotakan yang paling sering muncul pada pria yang disebut male pattern hairloss (MPHL) atau androgenetic alopecia (AGA).

Pada kondisi ini, rambut mulai menipis pada bagian depan dan puncak kepala.

Saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan MPHL. Namun, terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memperlambat prosesnya, seperti:

  • Menghindari menggunakan sisir yang terlalu rapat hingga memicu kerontokan lebih banyak
  • Mencuci rambut dengan lembut dan gunakan sampo yang lembut
  • Berhenti merokok
  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Apabila ingin mendapatkan perubahan yang lebih signifikan, Bapak dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dicari penyebab utamanya sehingga dapat diberikan terapi yang tepat.

Beberapa terapi untuk menangani kerontokan rambut atau kebotakan dini, antara lain pengobatan dengan obat oles yang mengandung minoxidil, terapi sinar, terapi platelet rich plasma (PRP), obat minum seperti finasteride dan dutasteride, dan yang paling terakhir adalah transplantasi rambut.

Setiap terapi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya Bapak mendiskusikan kondisi Bapak dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Hal ini merupakan cara yang baik agar mendapatkan hasil optimal.

dr. Jonathan Subekti, Sp.KK, B.Med.Sc

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

Punya pertanyaan terkait kesehatan dan sains yang membuat Anda penasaran? Kirimkan pertanyaan Anda ke haloprof17@gmail.com untuk dijawab oleh ahlinya.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/20/200400923/halo-prof-apa-solusi-kerontokan-dan-kebotakan-bagi-pria-muda-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke