Halo Prof! Apakah GERD Bisa Ditandai dengan Sakit Kepala?

Kompas.com - 13/06/2020, 18:04 WIB
dr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH 
Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterohepatologi
RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya RS Pondok Indahdr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterohepatologi RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

KOMPAS.com - Banyak orang mengira bahwa penyakit GERD harus selalu dibarengi dengan nyeri perut seperti gangguan pencernaan lainnya.

Namun, benarkah demikian? Seorang pembaca Kompas.com bernama R Tanty mengirimkan pertanyaan mengenai hal ini kepada rubrik Halo Prof!:

"Halo Prof. Maaf, saya mau tanya.

Saya menderita GERD, tetapi perut saya tidak mual, tidak melilit, namun saya merasakan kepala agak terasa tidak enak. Apakah GERD memang ditandai dengan perut yang tidak mual atau melilit seperti maag? Apa yang harus saya lakukan dengan GERD yang saya alami seperti ini Dok? Saya takut kalau harus minum obat terus.

Terima kasih banyak sebelumnya, Dok. Mohon sarannya."

Baca juga: Halo Prof! Apa Sih Bedanya Sakit Maag dengan GERD?

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterohepatologi dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Halo Ibu Tanty.

Gejala GERD yang umumnya dirasakan oleh pasien adalah seperti rasa panas di belakang tulang dada, sensasi asam lambung naik dari perut ke dada, sensasi asam di mulut, mual, sendawa, dan nyeri ulu hati.

Hal ini terjadi karena naiknya asam lambung dari lambung ke tenggorokan hingga mulut akibat lemahnya otot sfingter kerongkongan bagian bawah.

Perlu juga dikenali tanda-tanda bahaya pada GERD, yaitu kesulitan menelan yang bertambah berat, nyeri menelan, penurunan berat badan, pucat, muntah berdarah, dan/atau buang air besar berdarah, riwayat keluarga dengan keganasan saluran cerna, atau ketika terjadi GERD, tubuh tidak memberikan respon terhadap terapi obat-obatan.

Baca juga: Halo Prof! Apa Saja Gejala Penyakit Maag?

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X