Bagaimana Gaya Hidup Sehat Bisa Membantu Mencegah Depresi?

Kompas.com - 13/09/2023, 12:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Studi baru mengungkapkan gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko depresi.

Gaya hidup sehat yang dimaksud melibatkan konsumsi alkohol dalam jumlah sedang, pola makan sehat, aktivitas fisik teratur, tidur sehar, memilliki hubungan sosial, menghindari merokok, dan terlalu banyak duduk.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar satu dari 20 orang dewasa mengalami depresi.

Kondisi tersebut memberikan beban yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat di seluruh dunia.

Baca juga: Survei: Risiko Diabetes Selama Pandemi Dipengaruhi Perubahan Gaya Hidup

Kendati demikian faktor-faktor yang memengaruhi timbulnya depresi sangat rumit dan mencakup campuran faktor biologis dan gaya hidup.

Untuk menjelaskan tautan itu, tim peneliti internasional termasuk dari Universitas Cambridge dan Universitas Fudan, mengamati kombinasi faktor termasuk gaya hidup, genetika, struktur otak, serta sistem kekebalan dan metabolisme seseorang.

Studi gaya hidup

Dilansir dari Medical Xpress, Selasa (12/9/2023) dalam studinya ini, peneliti kemudian menggunakan UK Biobank, database biomedis dan sumber penelitian yang berisi informasi genetik, gaya hidup, dan kesehatan anonim para partisipannya.

Dengan memeriksa data dari hampir 290.000 orang yang dipantau selama sembilan tahun, tim peneliti mampu mengidentifikasi tujuh faktor gaya hidup sehat yang terkait dengan rendahnya risiko depresi.